alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Fakta Lapangan Dahsyatnya Ledakan Bondet Macan Putih Pasuruan

Muhammad Taufiq Minggu, 12 September 2021 | 08:09 WIB

4 Fakta Lapangan Dahsyatnya Ledakan Bondet Macan Putih Pasuruan
Sebuah rumah kini tinggal puing-puing setelah terjadi ledakan di bangunan tersebut di Desa Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu (11/9/2021). [Antara Jatim]

Kemarin peristiwa memilukan terjadi di Dusun Macan Putih Desa Pekangkungan Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan pada Sabtu (11/9/2021).

SuaraJatim.id - Kemarin peristiwa memilukan terjadi di Dusun Macan Putih Desa Pekangkungan Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan pada Sabtu (11/9/2021).

Sebuah ledakan bom ikan dahsyat meluluhlantakkan sejumlah rumah warga setempat. Dua orang ayah dan anak tewas jadi korban dalam peristiwa ledakan tersebut.

Nah, berikut ini fakta-fakta kesaksian di lapangan terkait ledakan yang terjadi kemarin itu:

1. Tanah seperti bergetar

Baca Juga: Polisi Telisik Misteri Ledakan Hebat di Pasuruan yang Tewaskan Dua Orang Penghuninya

Seorang saksi bernama Citra mengatakan, saat peristiwa itu terjadi Ia sedang berada di dapur menyiapkan untuk suami jualan bakso.

Lalu terdengar suara ledakan dan tanah bergetar. Banyak warga yang mengira ada kejadian bencana Tsunami atau gempa bumi. Ada yang berteriak-teriak dan mengumandangkan Azan.

"Ketika kami keluar, tidak terlihat apa-apa karena debu dan asap. Ternyata rumah tetangga sudah ambruk," katanya.

Polres Pasuruan masih melakukan penyelidikan ledakan yang diduga dari bondet atau bom ikan dan menyebabkan dua orang tewas tersebut.

2. Dua orang tewas

Sumber ledakan berasal dari rumah Ghofar, warga setempat. Akibat ledakan itu, sedikitnya 4 orang menjadi korban, 2 diantaranya meninggal dunia.

Baca Juga: Belasan Rumah Warga Rusak Akibat Ledakan Bom Ikan di Pasuruan

Para korban ini adalah Gofar, pemilik rumah dan Abah Amat (orang tua Gofar). Sedangkan dua korban lainnya adalah Imron (adik ipar Gofar) dan Feri (anak Gofar).

Menurut Wakapolres Pasuruan Kota Kompol Heri Dian W, korban yang tewas dilokasi adalah Abah Amat. Sementara Ghofar meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

"Dan adik ipar serta anaknya masih dirawat di rumah sakit," kata Heri Dian.

3. Rumah rata dengan tanah

Akibat ledakan itu dua rumah hancur rata dengan tanah. Beberapa rumah lainnya di sekitar titik ledalan mengalami kerusakan berat hingga ringan.

Ketua RT 1 RW 1 dusun setempat Murtadlo mengatakan, selain rumah korban tewas ledakan bom ikan, kerusakan juga berdampak pada 11 rumah tetangga korban di sekitar lokasi kejadian.

"Ada yang kaca rumahnya pecah, atap plafon hancur, dan juga genteng runtuh," ujar Murtadlo mengutip dari TIMES Indonesia jaringan Suara.com, Sabtu.

4. Ledakan berasal dari bom ikan alias bondet

"Dari indikasi awal, diduga ledakan berasal dari bom ikan atau bondet," jelas Wakapolres Pasuruan Kota Kompol Heri Dian.

Saat ini Polisi telah melakukan pengamanan di lokasi ledakan yang diduga berasal dari bom ikan atau bondet di Dusun Macan Putih tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait