alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kabar Gembira! Akhirnya Bangkai Kapal Van Der Wijck di Perairan Lamongan Ditemukan

Muhammad Taufiq Jum'at, 15 Oktober 2021 | 14:26 WIB

Kabar Gembira! Akhirnya Bangkai Kapal Van Der Wijck di Perairan Lamongan Ditemukan
Foto Dok: Kapal Van der Wijck (Soerabaijasch handelsblad, 20-10-1936)

Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya menemukan penampakan Kapal Van der Wijck di perairan Lamongan setelah sekian lama mencari.

SuaraJatim.id - Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya menemukan penampakan Kapal Van der Wijck di perairan Lamongan setelah sekian lama melakukan pencarian.

Tim dikabarkan telah berhasil melakukan pendokumentasian bangkai kapal tersebut, Kamis (14/10/2021). Dalam pencarian tahap kedua ini, eksplorasi bisa dibilang berhasil dilakukan menggunakan dua kapal nelayan.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamongan, Siti Rubikah, eksplorasi berjalan lebih baik daripada eksplorasi yang dilakukan pada bulan April lalu.

Dalam eksplorasi ini tim berhasil mendokumentasikan keberadaan kapal yang tenggelam pada 1936 itu, pada hari pertama eksplorasi.

Baca Juga: Pelatih Persela Siapkan Formasi Baru Jelang Bentrok Lawan Madura United

Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya menemukan penampakan Kapal Van der Wijck [Foto: Timesindonesia]
Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) akhirnya menemukan penampakan Kapal Van der Wijck [Foto: Timesindonesia]

"Alhamdulillah, eksplorasi hari ini tim arkeolog sudah berhasil mendapatkan dokumentasi videonya. Progres jauh lebih baik dari eksplorasi pertama yang tidak dapat dokumentasi," kata Siti Rubika, seperti dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Kamis (14/10/2021).

Meski telah berhasil mendokumentasikan dalam bentuk video, namun Rubikah menyebut bahwa masih butuh pendalaman dan butuh lebih banyak lagi dokumentasi terkait kapal Van der Wijck yang tenggelam di perairan Lamongan itu.

"Butuh banyak dokumentasi kapal Van der Wijck lagi sehingga masih dibutuhkan untuk melakukan penyelaman kembali dan sepertinya Sabtu besok tim penyelam juga ditambah," kata Rubikah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait