facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Universitas di Malang: Negeri dan Swasta Unggulan

Pebriansyah Ariefana Senin, 18 Oktober 2021 | 09:14 WIB

8 Universitas di Malang: Negeri dan Swasta Unggulan
Ilustrasi Kampus Universitas Brawijaya. [Suara.com/Aziz Ramadani]

Universitas Brawijaya Malang menduduki peringkat 3 di Indonesia menurut UniRank (University Rankings).

SuaraJatim.id - Daftar universitas di Malang. Ini adalah universitas negeri dan universitas swasta. Jawa Timur memiliki beberapa perguruan tinggi negeri ataupun swasta, termasuk Malang.

Universitas Brawijaya Malang menduduki peringkat 3 di Indonesia menurut UniRank (University Rankings). Untuk menjadi mahasiswa Universitas Brawijaya dapat melalui tiga jalur, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.

Tak hanya Universitas Brawijaya, melainkan beberapa perguruan tinggi di Malang di antaranya:

1. Universitas Negeri Malang (UM)

Baca Juga: 5 Universitas Jogja Swasta Terbaik 2021, Ada Atma Jaya

Universitas Negeri Malang (UM) merupakan sebuah perguruan tinggi di bawah binaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi yang berada di Kota Malang dan Blitar, Jawa Timur. Mulanya, perguruan tinggi ini merupakan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP). Pada 4 Agustus 1999 beralih menjadi Universitas Negeri Malang menurut Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999.

Sempat menjadi IKIP, tentunya UM memiliki fakultas Pendidikan dengan beberapa program studi seperti Bimbingan dan Konseling, Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Kependidikan Sekolah Dasar & Pra Sekolah, dan Pendidikan Luar Biasa. Tak hanya Fakultas Pendidikan, namun memiliki fakultas lainnya.

Untuk biaya perkuliahan, tak perlu dikhawatirkan karena cukup terjangkau.

2. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

UMM didirikan pada 1964 yang berada di bawah Persyarikatan Muhammadiyah. UMM memiliki 10 fakultas dan 63 program studi. Tak hanya program sarjana, melainkan UMM juga memiliki Program Vokasi, Pasca Sarjana, Doktor, dan Profesi.

Baca Juga: 10 Universitas Swasta Jogja Terkenal: UAD, UKDW hingga Atma Jaya

Jika terkendala dengan biaya perkuliahan, UMM menyediakan beberapa beasiswa untuk mahasiswa seperti beasiswa saudara kandung, beasiswa anak yatim piatu, beasiswa sarjana muamalat, hingga beasiswa untuk pertukaran mahasiswa ke Eropa.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait