alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Universitas di Surabaya, Negeri dan Swasta Lengkap dengan Sejarahnya

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 22 Oktober 2021 | 21:14 WIB

10 Universitas di Surabaya, Negeri dan Swasta Lengkap dengan Sejarahnya
Logo kampus Institut teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya

Kota Pahlawan ini memiliki segudang prestasi dari beberapa perguruan tinggi terbaik yang dimiliki baik nasional maupun internasional.

SuaraJatim.id - Daftar universitas di Surabaya. Kota Surabaya Jawa Timur merupakan kota terbesar kedua di Indonesia yang berkembang begitu pesat baik dalam perekonomian, budaya dan pendidikan.

Kota Pahlawan ini memiliki segudang prestasi dari beberapa perguruan tinggi terbaik yang dimiliki baik nasional maupun internasional.

Berikut 10 perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Kota Surabaya, berikut sejarah berdirinya.

1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Baca Juga: Satu Kontainer Daging Ayam Asal Jawa Timur Mengeluarkan Bau Busuk

Universitas Negeri terbaik di Surabaya urutan pertama adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) yang beralamat di Jalan Teknik Kimia, Keputih, Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pada tahun 10 November 1957, Dr. Angka pada Lustrum I PII Jawa Timur mengusulkan pendirian Yayasan Perguruan Tinggi Teknik ( YPTT ) di Surabaya. Kemudian pada tahun 1960 namanya berubah menjadi Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) hingga resmi menjadi perguruan tinggi satu tahun setelahnya.

Pada tahun 2002, ITS terdiri dari 5 fakultas dan 2 Politeknik, kemudian pada tahun 2014 ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) berdasarkan Peraturan Pemerintah No.83 Tahun 2014.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan perguruan tinggi unggulan dalam bidang sains dan teknologi di Indonesia, terbukti memiliki akreditasi dari BAN-PT, ABET, IABEE, dan sertifikat AUN-QA, serta di level Internasional menduduki peringkat ke 3 tebraik perguruan tinggi di Indonesia versi Times Higher Education ( THE ) World University Ranking selama 3 tahun berturut turut.

Pada Tahun 2019 ITS juga meraih peringkat Nasional yakni peringkat 1 SINTA Awards dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. ITS Sebagai peringkat ke 2 universitas dengan jumlah pendanaan PKM terbanyak di Indonesia pada tahun 2021.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jawa Timur: Lontong Balap, Rujak Cingur Hingga Rawon

Saat ini ITS memiliki 7 fakultas, 39 departement, dan 82 Program Studi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait