alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

15 Makanan Khas Jawa Timur: Lontong Balap, Rujak Cingur Hingga Rawon

Dythia Novianty Jum'at, 22 Oktober 2021 | 15:54 WIB

15 Makanan Khas Jawa Timur: Lontong Balap, Rujak Cingur Hingga Rawon
Rujak Soto khas Banyuwangi yang citarasanya unik. (Screenshot YouTube/Ari Lasso TV)

Makanan khas Jawa Timur itu banyak dan enak-enak.

SuaraJatim.id - Makanan khas Jawa Timur itu banyak dan enak-enak. Setiap daerah yang ada di Jawa Timur pun mempunyai makanan yang berbeda-beda. Jika berkunjung ke sini, kamu tentu akan menemukan sensasi wisata kuliner di Jawa Timur yang mengesankan.

Jawa Timur memang menjadi surganya wisata kuliner. Cita rasanya khas membuat kamu pasti ketagihan untuk kembali berkunjung ke Jawa Timur. Berikut beberapa menu khas Jawa Timur yang wajib kamu cicipi.

1. Soto Lamongan

Salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat terkenal adalah Soto Lamongan. Bagi kamu pecinta soto, maka Soto Lamongan bisa menjadi salah satu menu soto yang masuk dalam daftar kamu.

Baca Juga: 9 Kuliner Malam Surabaya Terpopuler, Wajib Coba Rawon

Seperti namanya, makanan khas Jawa Timur berasal dari wilayah Lamongan. Akan tetapi, soto yang satu ini sudah banyak terdapat di berbagai daerah hingga di luar Jawa Timur. Namun, mungkin akan lebih afdal jika kamu berkunjung ke Jawa Timur untuk merasakan menu aslinya.

Ciri khasnya, soto dibuat dengan campuran koya yang dari bawang putih dan kerupuk udang. Selain itu, soto biasanya ditambahkan dengan daging sapi dan irisan telur yang membuatnya semakin lezat.

Ilustrasi Soto Lamongan. (Instagram/@dianaorymaya)
Ilustrasi Soto Lamongan. (Instagram/@dianaorymaya)

2. Rawon

Rawon juga masuk salah satu makanan khas Jawa Timur yang sangat populer karena kelezatannya. Di Jawa Timur, rawon menjadi salah satu bagian adat untuk disajikan pada menu makanan acara pernikahan.

Bahan utama makanan ini adalah daging. Daging sapi yang diiris kemudian ditambahkan dengan sayuran, taoge, bawang goreng, dan ditambah guyuran kuah cokelat yang lezat.

Baca Juga: Tetap Waspada, Tiga Siswa di Kediri Positif Covid-19 Hasil Tes Acak

Rasa kuah rawon berbeda dengan kuah gulai karena lebih hitam dengan bahan keluwek dan tidak terlalu kental. Dalam penyajiannya, rawon disajikan dengan nasi putih hangat, potongan telur ayam dan tambahan kerupuk.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait