alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Universitas Swasta Terbaik di Surabaya, Langkah Awal Masa Depan Cerah

Dythia Novianty Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:57 WIB

Universitas Swasta Terbaik di Surabaya, Langkah Awal Masa Depan Cerah
Universitas Surabaya. [Ubaya.ac.id]

Universitas swasta terbaik di Surabaya.

SuaraJatim.id - Universitas swasta terbaik di Surabaya. Kota Surabaya merupakan salah satu kota Metropolitan terbesar di Indonesia. Tak heran jika kota ini juga terkenal memiliki universitas berkualitas jempolan. Tak hanya universitas negeri yang menjadi unggulan, tetapi universitas swastanya tak kalah bagus.

Berikut universitas swasta terbaik di Surabaya berdasarkan klasterisasi pendidikan tinggi dari Kemendikbudristek 2020. Daftar dalam bentuk klasterisasi pendidikan tinggi ini adalah pemetaan atas kinerja akademik universitas di Indonesia. Kinerja dinilai berdasarkan empat unsur mulai input hingga output. Adakah kampusmu?

1. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya didirikan pada 1966 oleh tokoh-tokoh penting di kalangan masyarakat, pendidik, pengusaha, dan pemerintah pada zamannya. Sebelumnya, namanya adalah Universitas Trisakti Surabaya. Saat ini namanya lebih dikenal dengan sebutan Ubaya.

Baca Juga: 10 Universitas di Surabaya, Negeri dan Swasta Lengkap dengan Sejarahnya

Terdapat beragam jurusan yang bisa kamu pilih di universitas swasta terbaik di Surabaya ini. Antara lain, Farmasi, Hukum, Bisnis dan Ekonomika, Psikologi, Teknik, dan masih banyak lainnya. Selain program S1, ada juga program D3 di Politeknik Ubaya. Universitas Surabaya mendapatkan urutan ke-30 secara umum dan 15 pada klaster 2.

2. Universitas Kristen Petra

Universitas Kristen Petra. [Wikipedia]
Universitas Kristen Petra. [Wikipedia]

Universitas yang berada dalam naungan Yayasan Pendidikan Petra Surabaya ini sudah ada sejak 1961. Yayasan Pendidikan Petra sendiri membuka sekolah untuk tingkat TK, SD, SMP, SMA, SMK, hingga universitas. Universitas Kristen Petra mendapatkan urutan ke-21 secara umum dan 6 pada klaster 2.

Universitas ini memiliki delapan fakultas dengan berbagai program studi. Fakultas tersebut antara lain, Fakultas Ekonomi, Ilmu Komunikasi, Teknologi Industri, serta Teknik Sipil dan Perencanaan. Kampus UKP sudah menerapkan teknologi dalam berbagai kegiatan mahasiswa sehingga berhasil menduduki posisi ke-4 versi penilai Kinerja Penelitian Dikti.

3. Universitas Katolik Widya Mandala

Baca Juga: Info Vaksin Surabaya 20 Oktober 2021, Ada Vaksinasi Bhineka Hari Ini

Universitas ini juga termasuk sebagai kampus berumur tua, karena berdiri sejak 1958. Gedung kampusnya berada di tiga lokasi berbeda di Surabaya, yakni gedung kampus di Jalan Dinoyo 42 untuk Fakultas Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Teknologi Pertanian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait