alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Surat Al Kahfi Ayat 1-10: Manfaat dan Keutamaan Selamat dari Kiamat dan Dajjal

Pebriansyah Ariefana Kamis, 28 Oktober 2021 | 07:12 WIB

Surat Al Kahfi Ayat 1-10: Manfaat dan Keutamaan Selamat dari Kiamat dan Dajjal
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Baca Surat Al Kahfi setiap Jumat, namun lebih baik setiap hari

SuaraJatim.id - Ada banyak manfaat dan keutamaan Surat Al Kahfi. Surat ini sering dikaitkan dengan bacaan yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw, terutama jika dilakukan pada hari atau malam Jumat.

Surat Al Kahfi adalah surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat. Di dalamnya berisi cara menghadapi berbagai cobaan dan fitnah. Ada pula beberapa kisah yang luar biasa di dalam surat ini. Kisah-kisah itu antara lain Ashabul Kahfi, Shohibul Jannatain, Nabi Musa dan Nabi Khidir, dan kisah Nabi Zulkarnain.

Waktu yang paling tepat untuk membaca surat Al Kahfi adalah Jumat. Hal ini sebagaimana diungkapkan Rasulullah Saw dalam sebuah hadis yang artinya,“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR Baihaqi)

Selain bagus untuk dibaca pada malam jumat, Surat Al Kahfi juga sangat baik untuk dihafalkan. Ayat yang paling utama untuk dihafalkan adalah 10 ayat pertama. Namun, ada hadis riwayat yang menjelaskan yang baik dihapal adalah 10 ayat terakhir.

Baca Juga: ASTAGHFIRULLAH Anda Berlumuran Dosa, Baca Doa Taubat Ini Agar Diampuni Allah

Rasulullah Sawa bersabda,“Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal.” (HR Muslim).

Berikut ini keutamaan Surat Al Kahfi yang menakjubkan.

1. Dipancarkan Cahaya di Hari Kiamat

Orang yang membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat atau Jumat, Allah akan memancarkan cahaya baginya kelak di hari kiamat. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw: “Barang siapa membaca Surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya untuknya antara dirinya hingga baitul Atiq.” (HR Al Hakim, Al Baihaqi dan Ad Darimi)

2. Mendapat Petunjuk dan Bimbingan Allah

Baca Juga: BACAAN LENGKAP Kirim Doa untuk Orang Meninggal Agar Dijauhi dari Api Neraka

Cahaya yang dijanjikan itu tidak hanya di berikan pada hari kiamat, namun juga akan diturunkan di dunia. Ini berupa petunjuk dan bimbingan Allah Swt. Salah satunya dengan diberi cahaya hingga Jumat berikutnya. Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya barang siapa membaca Surat Al Kahfi di hari Jum’at, maka akan dipancarkan cahaya baginya antara dua Jumat.” (HR Hakim)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait