facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Arti Surah Az Zalzalah, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Tafsirnya

Risna Halidi Senin, 29 November 2021 | 19:36 WIB

Arti Surah Az Zalzalah, Lengkap dengan Bacaan Latin dan Tafsirnya
Ilustrasi berdoa untuk artikel Arti Surah Az Zalzalah (Pixabay)

Surah Az Zalzalah merupakan surat ke 99 dalam Alquran. Surat ini turun di kota Madinah sehingga dapat digolongkan dalam surah Madaniyah.

SuaraJatim.id - Surah Az Zalzalah terdiri dari delepan ayat. Kata Az Zalzalah diambil dari ayat pertama yang berarti guncangan. Surah Az Zalzalah merupakan surat ke 99 dalam Alquran. Surat ini turun di kota Madinah sehingga dapat digolongkan dalam surat Madaniyah.

Surah ini menerangkan tentang awal mula terjadinya kiamat dan penghisaban amal manusia di hari akhir kelak. Amal baik maupun jelek yang sangat kecil sekalipun, pasti mendapat balasan.

Oleh karena itu setiap manusia wajib mempersiapkan diri dengan memperbanyak amal ibadah untuk bekal akhirat nanti. Mennjauhi segala larangan dan bentuk kemaksiatan yang lainnya.

Ilustrasi akhir perhidupan manusia di Bumi. [Shutterstock]
Ilustrasi akhir perhidupan manusia di Bumi atau kiamat seperti gambaran dalam surah Az Zalzalah. [Shutterstock]

Berikut ini bacaan surah Az Zalzalah ayat 1-8 lengkap dengan artinya.

Baca Juga: Bacaan Latin dan Arti Surah At-Tin, Sarat Makna Bagi Kehidupan Umat Manusia

1. Izaa zul zilatil ardu zil zaalaha

Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,

2. Wa akh rajatil ardu athqoolaha

dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,

3. Wa qoolal insaanu ma laha

Baca Juga: Bacaan Surah Al Lail, Surah Tentang Golongan yang Beruntung dan yang Merugi

Dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”

4. Yawmaa izin tuhad dithu akhbaaraha

Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,

5. Bi-anna rabbaka awhaa laha

karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.

6. Yawma iziy yas durun naasu ash tatal liyuraw a'maalahum

Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.

7. Famaiy ya'mal mithqala zarratin khai raiy-yarah

Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,

8. Wa maiy-y'amal mithqala zarratin sharraiy-yarah

dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama RI, berikut ini tafsir surah Az Zalzalah ayat per ayat.

1. Banyak kejadian dahsyat yang terjadi di bumi ketika kiamat tiba. Apabila bumi diguncangkan oleh malaikat atas perintah Allah dengan guncangan yang dahsyat setelah Israfil meniupkan sangkakala pertama.

2. Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat yang dikandung-nya, baik kekayaan yang ada di dalamnya atau mayat-mayat yang terkubur.

3. dan pada saat itu manusia bertanya dengan penuh kekalutan dan ketakutan, “Apa yang terjadi pada bumi ini? Mengapa bumi berguncang sedemikian dahsyat dan mengeluarkan apa saja yang dikandungnya? Apakah ini hari kiamat?”

4. Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya kepada manusia, mengapa bumi berguncang dan mengeluarkan semua kandungannya. Pada hari itu pula bumi bersaksi kepada Allah dengan rinci apa saja yang telah manusia lakukan di atasnya: kebajikan atau keburukan, besar atau kecil.

5. Bumi menyampaikan kepada manusia apa yang terjadi padanya dan bersaksi di hadapan Allah tentang apa saja yang manusia lakukan di atasnya karena sesungguhnya Tuhan­mu telah memerintahkan padanya untuk berbuat demikian.

6. Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya untuk menuju tempat hisab, atau beranjak dari tempat hisab itu, dalam keadaan berkelompok-kelompok. Kondisi mereka beragam; sebagian merasa tenang dan sebagian yang lain begitu gundah dan ketakutan. Mereka digiring dengan gegas ke surga atau neraka untuk diperlihatkan kepada mereka balasan semua perbuatannya yang telah Allah janjikan.

7. Pada saat itu setiap manusia akan mengetahui nasib dirinya. Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihatnya dalam buku catatan amalnya lalu dia akan menerima pahala atasnya. Dia merasa senang dan bahagia karena perbuatannya tidak sia-sia.

8. Dan sebaliknya, barang siapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah dan menganggapnya remeh, niscaya dia akan melihatnya dalam buku catatan amalnya lalu dia pun akan menerima balasannya. Inilah bukti kemahaadilan Allah; Dia tidak menzalimi siapa pun.

Demikian penjelasan mengenai surah Az Zalzalah lengkap dengan bacaan dan tafsir per ayatnya.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait