alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Surah Al Mujadalah Ayat 11, Motivasi Menuntut Ilmu Hingga Adab di Dalam Majelis

Dinar Surya Oktarini Kamis, 02 Desember 2021 | 17:18 WIB

Surah Al Mujadalah Ayat 11, Motivasi Menuntut Ilmu Hingga Adab di Dalam Majelis
Ilustrasi/ Surah Al Mujadalah ayat 11. (Shutterstock)

Surah Al Mujadalah ayat 11 diterangkan tentang motivasi menuntut ilmu.

SuaraJatim.id - Surah Al Mujadalah merupakan surah ke-58 dalam Al Quran. Di dalam Surah Al Mujadalah ayat 11 diterangkan tentang motivasi menuntut ilmu serta adab atau tata cara saat di majelis.

Surah yang terdiri dari 22 ayat ini tergolong dalam surah Madaniyah atau yang turun di Madinah. Al Mujadalah memilki makna wanita yang mengajukan gugatan. 

Dalam ayat 11 surah ini, secara khusus menerangkan tentang bab ilmu. Mulai dari motivasi mencari ilmu hingga adab saat dalam mejelis ilmu.

Ilustrasi alquran, doa, dzikir, islam, sholat, salat (Elemen Envato)
Ilustrasi alquran, doa, dzikir, islam, sholat, salat/ Surah Al Mujadalah ayat 11(Elemen Envato)

Di suatu waktu, tengah berlangsung majelis ahli badar. Sejumlah sahabat badar datang dan memberikan salam kepada Nabi Muhammad dan rasulullah menjawab.

Baca Juga: Bacaan Surah Al Isra Ayat 23, Perintah untuk Berbakti Kepada Orangtua

Orang yang datang itu juga memberi salam kepada orang di majelis dan juga dijawab. Namun tidak ada yang pindah dari tempat duduknya. Lantas para ahli badar berdiri.

Rasulullah kemudian memerintahkan kepada sahabat yang lain, yang tidak mengikuti perang badar, agar pindah ke tempat lain. Sehingga tempat itu (dekat dengan rasulullah) bisa diduduki ahli badar.

Lantas orang munafik mengatakan jika Rasulullah tidak adil. Mendengar hal itu, Nabi menjawab jika siapapun yang memberi kelapangan untuk saudaranya, maka akan memperoleh rahmat Allah. Para sahabat menyambut perkataan nabi dan turunlah ayat Al Mujadalah ayat 11.

Berikut lafaz latin surah Al Mujadalah ayat 11 beserta artinya:

"Yaa ayyuhal ladziina aamanuu idzaa qiila lakum tafassahuu fil majaalisi fafsahuu yafsahillaahu lakum. Wa idzaa qillan syuzuu fansyuzuu, yarfa’illaahul ladziina aamanuu minkum walladziina uutul ‘ilma darojaat. Walloohu bimaa ta’maluuna khobiir".

Baca Juga: Bacaan Latin Serta Tafsir Surah Al Maidah Ayat 48

Artinya:

"Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan".

Secara garis besar, isi kandungan atau pokok dari Surah Al Mujadalah ayat 11 dibagi menjadi tiga poin, yakni:

Wanita muslim/hijab baca Al Quran, hadist (elemen envato)
Wanita muslim/hijab baca Al Quran, hadist / Surah Al Mujadalah ayat 11(elemen envato)

1. Adab Saat Berada di Majelis

Saat orang berada di dalam mejelis ada beberapa etika yang harus dilakukan, termasuk dalam hal duduk. Seharusnya dalam mengambil duduk cukup seperlunya saja, orang lain yang datang ke majelis dipersilahkan untuk duduk.

Terlebih, saat orang yang datang ke mejelis itu merupakan orang yang dihormati atau orang yang lemah. Di sisi lain, kita tidak diperkenankan menyuruh orang yang di mejelis untuk pergi dari tempat duduknya kemudian ditempati. Hal itu juga diterangkan oleh sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Pemimpin majelis boleh memerintahkan orang di mejelis untuk pindah dari tempat duduknya untuk diberikan kepada orang yang dimuliakan. Orang yang diperintah hendaknya mentaati pemimpin majelis tersebut.

Allah berjanji, orang yang memberi kelapangan kepada orang lain, termasuk mempersilahkan duduk orang lain saat di mejelis, orang itu akan memperoleh kelapangan dari Allah juga.

2. Keutamaan Menuntut Ilmu

Dalam ayat ini dijelaskan jika orang itu berilmu maka derajatnya akan ditinggikan oleh Allah. Allah SWT akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu, baik di dunia maupun di akhirat.

Sayyid Qutb di dalam tafsir Fi Zilalil Quran diterangkan, ayat ini memberi hikmah jika keimanan akan mendorong untuk berlapang dada dan mentaati perintah. Sedangkan ilmu akan membina jiwa yang bisa menjadikan bermurah hati dan taat.

Seorang ahli tafsir, Ibnu Katsir menjelaskan jika orang yang mempersilahkan duduk orang lain yang datang di mejelis ilmu, justru ia akan mendapatkan derajat yang tinggi dari Allah. 

3. Pengetahuan dan Balasan Allah

Dalam ayat ini Allah menjelaskan jika Allah akan memberi imbalan seseorang berdasarkan ilmu. Allah maha mengetahui segala apa yang telah diperbuat hambanya. Siapa yang mempunyai adab yang baik serta mempunyai ilmu, Allah akan membalasnya. 

Allah memberi balasan berdasarkan hakikat dan motivasi perbuatan itu. Ayat ini mendorong atau memotivasi orang-orang beriman untuk menuntut ilmu, sehingga mereka menjadi orang-orang yang berilmu.

Demikian penjelasan mengenai Surah Al Mujadalah ayat 11. Semoga kita bisa mengamalkan sekaligus mengambil hikmah apa yang dikandung dalam ayat itu. 

Kontributor : Muhammad Aris Munandar

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait