facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Eskalasi Bencana Meluas, Material Lahar Semeru Buntu DAS Sebabkan Banjir di Sumberwuluh

Muhammad Taufiq Rabu, 08 Desember 2021 | 14:43 WIB

Eskalasi Bencana Meluas, Material Lahar Semeru Buntu DAS Sebabkan Banjir di Sumberwuluh
Luapan banjir di Desa Sumberwuluh Lumajang Jawa Timur [Foto: ANTARA]

Material lahar yang dimuntahkan Gunung Semeru memicu bencana yang lebih luas. Material lahar menyumbat daerah aliran sungai (DAS) sehingga menyebabkan air sungai meluap.

SuaraJatim.id - Material lahar yang dimuntahkan Gunung Semeru memicu bencana yang lebih luas. Material lahar menyumbat daerah aliran sungai (DAS) sehingga menyebabkan air sungai meluap.

Kondisi ini menyebabkan banjir di Dusun Kamar Kajang di Desa Sumberwuluh Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Banjir ini terjadi akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu kemarin.

Sungai mengalami pendangkalan, bahkan sampai tertutup material. Akibatnya air sungai meluber menggenangi permukiman warga setempat sejak kemarin, Selasa (07/12/2021).

"Di daerah Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro diterjang banjir luapan sungai sejak Selasa (7/12) malam hingga pagi ini," kata Kepala Desa Sumberwuluh Abdul Aziz, Rabu (08/12/2021).

Baca Juga: Muncul Awan Panas, Pencarian Korban Letusan Semeru di Curah Kobokan Disetop Sementara

Aiz menjelaskan, luapan air yang membawa material lumpur tersebut mengakibatkan jalan raya dan rumah warga di Dusun Kamar Kajang mengalami banjir dengan kedalaman 50 centimeter hingga 100 centimeter.

"Seluruh badan jalan dan rumah-rumah di sepanjang jalan itu banyak terpendam lumpur akibat DAS tertutup material lahar Gunung Semeru," ujarnya.

Untuk penanganan awal, lanjut dia, pihak TNI/Polri dan BPBD melakukan evakuasi warga dan membuat aliran air untuk mengurangi debit air yang menggenang di dusun tersebut, kemudian membersihkan material lumpur yang menutupi jalan raya dan rumah warga.

"Sudah dilakukan pengalihan aliran air bersama seluruh anggota TNI/Polri dan BPBD, sehingga diharapkan genangan air bercampur lumpur bisa berkurang," katanya.

Sebelumnya hujan deras mengguyur permukiman di kawasan sekitar Gunung Semeru, termasuk di wilayah Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, pada Selasa (7/12/2021) malam sekitar pukul 19.00 WIB. ANTARA

Baca Juga: Terdampak Erupsi Semeru, Dusun Kamar Kajang Dilanda Banjir Rabu Pagi Tadi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait