facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kompleks Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik Terendam Banjir

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 10 Desember 2021 | 08:34 WIB

Kompleks Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik Terendam Banjir
Kompleks Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim Gresik Terendam Banjir Gresik. [Instagram/@wisatagresik]

Wisata religi Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim yang berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terendam banjir, Kamis (9/12/2021).

SuaraJatim.id - Wisata religi Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim yang berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terendam banjir, Kamis (9/12/2021). Makam wali tertua itu hampir semua sudutnya tergenang air.

Situasi itu terekam dalam sebuah video yang diunggah oleh akun instagram @wisatagresik.

Dalam video terlihat deretan makam yang terendam air setinggi betis orang dewasa. Makam-makam yang berada di dalam pagar tersebut seluruhnya terendam air. Bahkan, kawasan yang berada di luar makam pun turut kebanjiran. Kawasan wisata ini sendiri disebut-sebut tak pernah mengalami kebanjiran.

Unggahan tersebut kemudian mengundang beragam komentar dari warganet.

Baca Juga: Embat Duit Bosnya Tapi Ngaku Jadi Korban Jambret, Akal Bulus Pria Gresik Ini Terungkap

"Dulu tidak pernah seperti ini, bukti drainase sangat buruk. Semoga ada solusi yang cepat dan tepat mengingat kawasan wisata religi ini didatangi ribuan orang dari berbagai daerah," ujar @alir*** sembari memention akun @pemkabgresik @humasgresikkab @fandiakhmadyani

"Semoga ada penanganan yg tepat dr pemerintah bwt penanganan banjir," imbuh @nurul***

"kok pengn nangis ya allah," ucap @vie***

"Semoga lekas aman kembali makam waliyullah sunan Gresik aminn," ujar @ibra***

"biyen gatau banjir (dulu nggak pernah banjir)," kata @nick***

Baca Juga: Modus Baru Penipuan di Gresik, Korban Ditawari Proyek Senilai Rp 10 Miliar

"Astaghfirullah hal adzim......bumi pun sepuh manungsone kakean polah," ujar @nama***

"Kok iso ngembeng? Drainase ne piye iku??," ujar @depp***

"astaghfirullah sak umur" gk prnh liat banjir makam mbah syeh maulana malik ibrahim,, tpi skrg banjir dan hmpir smua terendam," ujar @arif***

"Bismillah.. Masya Alloh TabarokAllah SubhanAllah Allah ta'ala, semoga Allah melindungi kita banjir sdkt tinggi lumayan dari ziarah di makam nya lebih baik Aamiin," kata @robi***

Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim sendiri berada di Desa Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tepatnya di Jalan Malik Ibrahim, di Desa Gapuro Sukolilo yang berjarak 200 m dari alun-alun Kota Gresik, sehingga sangat mudah dijangkau dengan transportasi umum.

Lokawisata religi itu selalu ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah, khususnya saat weekend dan hari libur. Para peziarah yang datang biasanya melantunkan zikir, salawat, dan mengirimkan doa untuk Syeh Maulana Malik Ibrahim.

Syekh Maulana Malik Ibrahim dikenal pula dengan sebutan Maulana Maghribi, atau Syekh Maghribi. Dalam deretan nama-nama Sunan/Wali di Jawa Beliau adalah wali tertua. Datang di Jawa untuk menyebarkan Agama Islam pada zaman Majapahit (TH. 1379 M).

Beliau wafat tanggal 12 Rabiul Awal 822 H (1419 M), yang selanjutnya setiap tanggal tersebut diperingati dengan acara Haul yang diikuti jamaah lokal dan regional maupun nusantara.

Kontributor : Fisca Tanjung

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait