facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Benda Bulat Temuan Pemburu Harta Karun di Banyuwangi Ternyata Mortir Meriam

Muhammad Taufiq Selasa, 21 Desember 2021 | 12:16 WIB

Benda Bulat Temuan Pemburu Harta Karun di Banyuwangi Ternyata Mortir Meriam
Penemuan mortir di Banyuwangi [Foto: Suarajatimpost.com]

Teka-teki ratusan benda mencurigakan yang sebelumnya diduga granat terungkat. Setelah tim gegana Polda Jatim turun, diketahui kalau benda itu sebenarnya mortir meriam.

SuaraJatim.id - Teka-teki ratusan benda mencurigakan yang sebelumnya diduga granat terungkat. Setelah tim gegana Polda Jatim turun, diketahui kalau benda itu sebenarnya mortir meriam.

Identifikasi sudah dilakukan oleh Tim Gegana Polda Jatim, Senin (20/12/2021) sore. Ratusan benda ini sebelumnya ditemukan oleh pemburu harta karun di area Perkebunan Sumber Jambe, Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi.

Seperti dijelaskan Kapolsek Pesanggaran, AKP Subandi, hasil identifikasi terungkap bahwa benda bulat yang sudah berkarat tersebut bukan granat melainkan mortir alias peluru meriam.

"Ternyata itu mortir peluru meriam, kondisinya masih aktif," katanya seperti dikutip dari suarajatimpost.com, jejaring media suara.com, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Pemburu Harta Karun di Banyuwangi Temukan Ratusan Benda Ada Pelatuknya, Granat Kah?

Prosesi disposial atau peledakan sudah dilakukan sedari kemarin langsung di lokasi penemuan. Percobaan tim gegana mendisposial sebanyak 6 butir mortir.

"Karena lokasinya jauh dari pemukiman peledakan langsung dilakukan di TKP. Dari 6 mortir ada 2 yang meledak," ujarnya.

Perlu diketahui bila temuan benda diduga granat total ada 206 butir. Karena masih sebagian kecil yang disposial sisanya akan dilanjutkan hari ini.

"Sisanya 200 butir kita lanjut disposial hari ini," katanya menandaskan.

Sebagai informasi sebelumnya pada Sabtu (18/12/2021), sekelompok pemburu harta karun tak sengaja menemukan ratusan benda bulat berkarat yang diduga granat peninggalan Jepang.

Baca Juga: Bukan Granat, Temuan 206 Benda di Banyuwangi Ternyata Ini

Benda tersebut terdeteksi oleh alat metal detector milik pemburu harta Karun tersebut. Usai menemukan para pemburu harta tersebut esoknya melaporkan kepada aparat di wilayah setempat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait