facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hakikat, Keutamaan, dan Pelafalan Doa Awal Tahun Bagi Umat Muslim

Pebriansyah Ariefana Senin, 03 Januari 2022 | 11:10 WIB

Hakikat, Keutamaan, dan Pelafalan Doa Awal Tahun Bagi Umat Muslim
Ilustrasi pria berlutut sedang berdoa (pexels.com/@baybiyik)

Doa tersebut dipanjatkan untuk mendapatkan manfaat di setiap tahunnya.

SuaraJatim.id - Pergantian tahun kerap dianggap sebagai sesuatu baru yang haruslah pula diikuti resolusi dan perubahan baru pada seseorang atau sekelompok orang. Dalam agama Islam, terdapat doa awal tahun. Doa tersebut dipanjatkan untuk mendapatkan manfaat di setiap tahunnya.

Doa awal tahun berbunyi:

"Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm."

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini."

Baca Juga: Apa itu Amalan Jariyah? Amalan yang Tidak Terputus Meski Ajal Memanggil

Berdasarkan penjelasan dari KH. Ma’ruf Khozin, seorang anggota Dewan Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, Islam menggunakan kalender berupa hilal.

Tahun baru berarti bergantinya pula bulan baru. Tuntunan terkait pergantuan tahun dan bulan baru ada dari sahabat Nabi untuk berdoa. Abdullah bin Hasyim, beliau mengatakan bahwa sahabat nabi mempelajari doa di atas saat tahun baru.

Membaca doa awal tahun dalam Islam diperbolehkan, tetapi sesungguhnya, yang lebih utama adalah berdoa setiap pergantian bulan Hijriyah.

Pergantian tahun masehi diperbolehkan juga membaca doa tersebut. Pada intinya, berdoa setiap pergantian bulan dan tahun tetap diperbolehkan.

Demikian penjelasan lebih lanjut terkait pelafalan, terjemahan, dan hakikat doa awal tahun. Bagi umat muslim, berdoa memohon keberkahan di setiap saat pergantian bulan dan tahun adalah tindakan yang mulia dan dianjurkan. Terlebih saat tahun baru Hijriyah.

Baca Juga: Acara Zikir FPI Baru di Masjid At-Ta'awun Puncak Bogor Ditolak Satgas Covid-19

Kontributor : Annisa Fianni Sisma

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait