facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dukung Syaikhona Kholil Bangkalan Jadi Pahlawan Nasional

Muhammad Taufiq Jum'at, 21 Januari 2022 | 16:51 WIB

Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dukung Syaikhona Kholil Bangkalan Jadi Pahlawan Nasional
Ridwan Kamil saat berkunjung ke Jawa Timur [Foto: ANTARA]

Salah satu ulama besar di Jawa Timur Syaikhona Kholil Bangkalan pernah diusulkan menjadi pahlawan nasional beberapa waktu lalu.

SuaraJatim.id - Salah satu ulama besar di Jawa Timur Syaikhona Kholil Bangkalan pernah diusulkan menjadi pahlawan nasional beberapa waktu lalu.

Terbaru, dukungan terhadap ulama Madura itu datang dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Emil--sapaan gaulnya--menyampaikan dukungannya usai berziarah ke makam Syaikhona Kholil di Bangkalan, Kamis (21/01/2022).

Menurut dia, Syaichona Kholil memiliki jasa besar terhadap bangsa, termasuk merupakan guru KH Hasyim Asy’ari yang kemudian menjadi pendiri ormas Islam terbesar di Tanah Air, Nahdlatul Ulama (NU).

"Jasa yang sangat luar biasa dari beliau. Karena itu, saya dan masyarakat Jawa Barat lahir batin mendukung pengusulan tersebut," kata Ridwan Kamil, seperti dikutip dari Antara, Jumat (22/01/2022).

Baca Juga: Janur Kuning Belum Melengkung, PKB Persilakan Ridwan Kamil Gabung jika Mau Nyapres

Usulan predikat pahlawan nasional sudah dilaksanakan sejumlah pihak kepada tim dari Pemerintah Pusat sejak September 2021.

Tim pengusul juga sudah menyerahkan usulan dan berbagai dokumen sebagai persyaratan kepada Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan.

Saat ini, usulan tersebut sedang dibahas di pemerintah pusat, dan Ridwan Kamil menegaskan kiprah Syaikhona Kholil tidak diragukan lagi karena merupakan ulama besar dan semua orang mengakuinya.

Sementara itu, kunjungan Emil ke Madura sebagai rangkaian kegiatannya selama dua hari berada di Jatim.

"Karena sedang ada di Jatim maka kami harus ke Bangkalan dan berziarah ke makam Syaikhona Kholil," kata dia.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kepala IKN Ber-background Arsitek, Begini Respons Ridwan Kamil

Emil berada di Jatim pada Kamis hingga Jumat, 20-21 Januari 2022. Selain ke Bangkalan, Ia melakukan kunjungan ke beberapa daerah, yakni Surabaya, Jombang, Kota Kediri, dan Kabupaten Kediri.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait