facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pesan Lily Wahid ke Gubernur Khofifah Sebelum Wafat

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Selasa, 10 Mei 2022 | 20:16 WIB

Pesan Lily Wahid ke Gubernur Khofifah Sebelum Wafat
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa hadir prosesi pemakaman jenazah Lily Wahid di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Selasa (10/5/2022). [Suara Jatim/Zen Arifin]

Khofifah pun menyatakan jika ia mendapatkan pesan sebelum Lily Wahid wafat.

SuaraJatim.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa turut serta mengantar jenazah Nyai Hj Lily Chodijah Wahid ke liang lahat. Khofifah pun menyatakan jika ia mendapatkan pesan sebelum Lily Wahid wafat.

Hal itu disampaikan Khofifah saat memberikan sambutan saat prosesi pemakaman Lily Wahid di Kompleks Pemakaman Pesantren Tebuireng, Jombang. Khofifah mengungkapkan, sebelum jatuh sakit Lily Wahid berencana silaturahmi ke kediamannya.

"Tanggal 19 April lalu beliau sempat dawuh lewat WA (WhatsApp) dan belum saya hapus WA-nya. Beliau berencana tanggal 23 April akan ziarah dan silaturahmi ke Tebuireng," kata Khofifah dihadapan kerabat dan seluruh pelayat, Selasa (10/5/2022).

Dalam pesan singkat itu, kata Khofifah, Lily Wahid juga menyatakan akan melakukan silaturahmi dengan dirinya setelah melakukan ziarah. Sebab, ada beberapa hal yang akan disampaikan ke Khofifah yang juga menjabat Ketua PP Muslimat Nahdlatul Ulama itu.

Baca Juga: Detik-detik Jenazah Lily Wahid Disemayamkan di Tebuireng, Zikir dan Tahlil Terus Berkumandang

"Beliau dawuh sesuatu yang mungkin tidak diprediksi oleh kita. Ada hal yang harus dilakukan penguatan pada anak-anak di negeri ini, melalui penguatan matematika, sesuatu yang tidak banyak dibayangkan orang," ucap Khofifah.

Pesan itu membuat Khofifah angkat topi kepada Lily Wahid. Bagaimana tidak, di usianya yang sudah sepuh, almarhumah Lily Wahid masih memikirkan nasib generasi bangsa.

"Digitalisasi sistem betapa banyak mereduksi kreatifitas berfikir kita, ahli coding yang dibutuhkan hari ini, dan di usia yang seperti ini beliau memikirkan masa depan bangsa melalui anak-anak," ungkap Khofifah.

Pola pemikiran Lily Wahid terhadap masa depan bangsa ini yang patut diteladani. Bagaimana ia memikirkan Indonesia untuk lebih maju kedepannya dan dibandingkan disejajarkan dengan negara-negara maju lainnya melalui penguatan sumber daya manusia sejak dini.

Akan tetapi, kata Khofifah pertemuan itu urung terwujud. Pada 24 April, ia menerima kabar jika Lily Wahid jatuh sakit yakni mengalami penyempitan jantung dan harus menjalani perawatan medis.

Baca Juga: Berurai Air Mata, Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang Lepas Jenazah Lily Wahid

"Saat itu saya bersama kaum duafa dan anak yatim di Ponorogo melakukan doa bersama agar Bu Nyai Lily Wahid diberi kesembuhan," kata Khofifah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait