facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PKB Ingin Bikin dan Pimpin Poros Koalisi Baru, Partai Demokrat Pengin Gabung?

Chandra Iswinarno | Bagaskara Isdiansyah Kamis, 26 Mei 2022 | 15:40 WIB

PKB Ingin Bikin dan Pimpin Poros Koalisi Baru, Partai Demokrat Pengin Gabung?
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kiri) dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) di kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (8/7). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Pengalaman berkoalisi antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Demokrat di masa lalu tak menutup kemungkinan keduanya untuk bekerja sama.

SuaraJatim.id - Pengalaman berkoalisi antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan Partai Demokrat di masa lalu tak menutup kemungkinan keduanya untuk bekerja sama dalam menghadapi Pilpres 2024 mendatang.

Pernyataan itu disampaikan oleh Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani yang merespons adanya keinginan PKB membentuk poros baru koalisi dan menjadi pemimpinnya.

"Partai Demokrat tak ada beban dan terbuka untuk membangun koalisi dengan partai manapun, termasuk dengan PKB. Kita punya pengalaman koalisi selama dua periode Pemerintahan SBY," kata Kamhar seperti dikutip Suara.com pada Kamis (26/5/2022).

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. (Foto: kbr.id)
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani. (Foto: kbr.id)

Menurut Kamhar, manuver politik yang dilakukan PKB merespon dinamika koalisi menuju Pilpres 2024 sepert saat ini masih dalam koridor wajar.

Baca Juga: Demokrat Akan Sampaikan Sikap Politik untuk Pilpres 2024 pada Awal 2023

Namun terkait rencana koalisi Pilpres 2024, Partai Demokrat masih terus berikhtiar dan membangun komunikasi politik lintas partai.

Meski begitu, ia menyatakan yang menjadi prioritas saat ini menyiapkan mesin politik partai agar efektif dan optimal mewujudkan sukses Pemilu 2024, baik pada Pileg, Pilpres dan Pilkada.

"Terkait Pilpres 2024, sikap politik Partai Demokrat baru akan mengerucut dipenghujung 2022 atau awal 2023 nanti," tuturnya.

Dikemukakannya, banyak yang harus menjadi pedoman dan disepakati dalam konteks membangun koalisi. Hal tersebut dimulai dari kesamaan platform sampai komitmen politik.

Namun bagi Demokrat, menurut Kamhar yang menjadi syarat utama koalisi yakni komitmen memperjuangkan kepentingan rakyat sebagai yang utama dan terutama.

Baca Juga: PKB Ingin Pimpin Pembentukan Poros Koalisi, Demokrat Buka Peluang Merapat: Kita Punya Pengalaman Era SBY

"Menjalankan demokrasi yang beradab dan politik yang beretika. Jika ini terpenuhi baru kemudian masuk ketahap selanjutnya. Terkait siapa yang memimpin koalisi akan menjadi pembahasan kemudian, dengan catatan koalisi yang terbangun memadai untuk menjadi tiket dan memenangkan kontestasi untuk mewujudkan harapan rakyat," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait