facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kemeriahan Parade Bunga dan Kebudayaan Surabaya Vaganza, Warga Antusias Pasca Dua Tahun Terlanda Pandemi Covid-19

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Sabtu, 28 Mei 2022 | 18:36 WIB

Kemeriahan Parade Bunga dan Kebudayaan Surabaya Vaganza, Warga Antusias Pasca Dua Tahun Terlanda Pandemi Covid-19
Suasana parade bunga dan kebudayaan Surabaya Vaganza di Jalan Tunjungan - Gubernur Suryo, Sabtu (28/5/2022). [SuaraJatim.id/Dimas Angga]

Parade tersebut memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729.

SuaraJatim.id - Ribuan orang warga Surabaya dan sekitarnya memenuhi sepanjang Jalan Tunjungan - Gubernur Suryo, Surabaya menonton parade bunga dan kebudayaan bertajuk Surabaya Vaganza, Sabtu (28/5/2022). Parade tersebut memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729.

Salah satu warga yang menonton langsung parade ini, Trista bersama anak-istrinya turut serta datang dan rela berdesak-desakan dengan warga lainnya di Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Sabtu (28/5/2022).

"Kan sudah lama tidak ada acara seperti ini. Jadi saya sama keluarga pengen lihat langsung," ujar Trista.

Sama halnya dengan Cici, bahkan Cici juga mengajak anak dan juga orang tuanya untuk melihat parade bunga ini. Namun beruntungnya Cici, dia mendapat tempat untuk menonton parade bunga dari atas gedung Apotek Simpang.

Baca Juga: Asprov PSSI Jatim Batalkan Piala Wali Kota Surabaya, Ini Penjelasannya

"Senang saja, lihat hiburan seperti ini, apa lagi sudah beberapa tahun akhir ini tidak apa-apa karena Pandemi," ungkapnya.

Wiwiek Widayati Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya mengatakan Surabaya Vaganza ini terdiri dari pawai bunga dan pawai budaya. Tahun sebelumnya, pawai bunga dan pawai budaya digelar secara bersamaan dengan diatur urutannya. Namun, khusus tahun ini akan digelar secara bertahap.

"Khusus pawai bunganya akan dimulai dari pukul 15.00 WIB, kemudian untuk pawai budayanya akan dimulai dan diberangkatkan mulai pukul 18.00 WIB," kata Wiwiek.

Menurut Wiwiek, peserta pawai bunga tahun ini juga tak sebanyak tahun sebelumnya. Hanya ada 16 kendaraan pawai bunga yang akan mengikuti parade kali ini. Sedangkan untuk peserta parade budaya, ada kurang lebih 10 komunitas beranggotakan hingga ratusan orang yang mengikuti parade tersebut.

"Beberapa komunitas yang akan ikut dalam parade budaya itu adalah komunitas Papua, Tionghoa, Minang, dan beberapa komunitas lainnya," tegasnya.

Baca Juga: Shin Tae-yong Panggil 4 Pemain Persebaya untuk Timnas Indonesia

Meski peserta tak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, Wiwiek memastikan tidak akan mengurangi antusiasme Pemkot Surabaya dalam menggelar acara ini. Ia juga sangat yakin bahwa warga Kota Surabaya dan luar kota akan berbondong-bondong menyaksikan event yang sudah ditunggu-tunggu ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait