Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Satgas Covid-19 Minta Warga Jatim Waspada, Kasus Penularan Omicron Naik 15 Kali Lipat

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Rabu, 10 Agustus 2022 | 22:14 WIB

Satgas Covid-19 Minta Warga Jatim Waspada, Kasus Penularan Omicron Naik 15 Kali Lipat
Ilustrasi Covid-19 omicron. [Antara]

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur dr. Makhyan Jibril membenarkan adanya lonjakan kasus penularan virus tersebut.

SuaraJatim.id - Kasus penularan  Covid-19 subvarian Omicron BA.5 secara nasional dilaporkan mengalami peningkatan 15 kali lipat.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jawa Timur dr. Makhyan Jibril membenarkan adanya lonjakan kasus penularan virus tersebut. Tren kenaikan kasus di Indonesia cukup signifikan, bahkan positivity rate juga mengalami kenaikan.

“Jadi memang kita lihat dalam dua minggu terakhir ada tren kenaikan kasus yang cukup signifikan di Indonesia, dimana positivity rate juga naik. Beberapa daerah ada yang naik ke zona orange,” ujarnya mengutip dari Beritajatim.com jejaring Suara.com, Rabu (10/8/2022).

Meski kenaikan kasus tersebut tidak terjadi di Jatim, namun hal itu dinilai menjadi alarm atau tanda peringatan bagi masyarakat.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 di Sumut Bertambah 108, Total Jadi 156.586 Orang

Selain itu, hal ini juga bisa dijadikan momentum untuk meningkatkan capaian vaksinasi booster.

“Alhamdulillah, untuk di Jawa Timur ini masih di zona kuning semua. Jadi, ini merupakan tanda-tanda kita harus waspada, bisa jadi momentum untuk kita semua meningkatkan capaian pencegahan covid termasuk booster vaksinasi,” jelasnya.

Jibril tak menampik jika capaian vaksinasi booster di Jatim masih terhitung rendah. Tercatat per 8 Agustus 2022 masih berada di angka 23,01 persen.

“Booster vaksinasi kita capaiannya masih 20-an persen. Harapannya, tentu kita harus mencegah supaya virus ini tidak menyebar. Kemudian, toh nanti kita kena (Covid-19), gejalanya adalah gejala ringan atau tanpa gejala,” ujarnya.

Untuk diketahui, kasus kematian hingga keterisian pasien Covid-19 rawat inap merangkak naik, khususnya di DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan. Angka BOR Covid-19 pun berada di atas 12 persen.

Baca Juga: Jeong Seunghwan ATBO Dinyatakan Positif COVID-19

Sementara berdasarkan data Satgas Covid-19, ada sebanyak 17 wilayah yang kini masuk zona orange. Padahal sebelumnya hanya ada 9 wilayah saja. Bahkan, seluruh wilayah DKI Jakarta kini kembali ke zona orange setelah dinyatakan berada di zona kuning

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait