Bermodal Pedang, Suryadi Nekat Lawan Petugas Sebelum Diberi Timah Panas

Chandra Iswinarno
Bermodal Pedang, Suryadi Nekat Lawan Petugas Sebelum Diberi Timah Panas
Seorang anggota komplotan pencurian dengan pemberatan di Tuban, Jawa Timur mendapatkan timah panas dari petugas. [Berita Jatim]

Dalam pelariannya, Suryadi kerap membawa senjata tajam berupa pedang yang digunakannya saat akan ditangkap petugas.

Suara.com - Seorang anggota komplotan pencurian dengan pemberatan (curat) dalam kasus pencurian sepeda motor dan spesialis beras di Tuban, Jawa Timur dilumpuhkan petugas kepolisian setempat.

Suryadi (38) warga Desa Manjung, Kecamatan Montong Kabupaten Tuban harus merasakan timah panas yang bersarang di tubuhnya.

Ia ditembak anggota kepolisian lantaran melakukan perlawanan saat akan ditangkap petugas di kawasan Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban. Suryadi yang saat akan ditangkap, sempat melawan petugas dari Satuan Tim Resmob Satreskrim Polres Tuban dengan menggunakan sebilah pedang.

“Pelaku ini merupakan dari salah satu komplotan pencurian beras. Dua pelaku sudah berhasil ditangkap terlebih dahulu, setelah anggota melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang sempat terekam CCTV,” kata Kasat Reskrim Polres Tuban AKP Muatijat Priyambodo, Rabu (12/6/2019).

Dari data yang dihimpun Beritajatim.com - jaringan Suara.com, Suryadi merupakan satu dari tiga pelaku pencurian beras di gudang selip yang berada di Desa Banjararum, Kecamatan Rengel, Tuban beberapa bulan lalu. Dari tiga pelaku dua pelaku sudah berhasil ditangkap terlebih dahulu termasuk barang bukti juga berhasil diamankan.

Suryadi diketahui kerap berpindah-pindah lokasi karena menjadi buron petugas yang telah lama mengincarnya. Suryadi sendiri menjadi satu-satunya anggota komplotan yang belum tertangkap aparat. Sebelumnya, dua kawan Suryadi, Ali Ilham (24) dan Dariyanto (28) sudah meringkuk dalam sel tahanan.

Dalam pelariannya, Suryadi kerap membawa senjata tajam berupa pedang yang digunakannya saat akan ditangkap petugas.

"Saat akan ditangkap pelaku ini menyerang anggota kami dengan menggunakan sebilah pedang dan nyaris mengenai lengan anggota. Pelaku terus mengayunkan pedangnya untuk melakukan perlawanan," tambah Muatijat.

Lantaran terus melakukan perlawanan, petugas akhirnya memberikan tembakan peringatan kepada pelaku. Namun bukannya menyerah, saat itu pelaku justru terus melawan dan akhirnya dilumpuhkan dengan timah panas.

"Dari pelaku ini kemudian kita berhasil mengamankan barang bukti berupa linggis, dua pedang, dan satu sepeda motor. Pelaku saat ini sudah diamankan di Polres Tuban untuk proses penyelidikan lebih lanjut," ujar Mustijat.

Untuk diketahui, dalam aksinya, komplotan pencuri beras itu menggunakan sebuah kendaraan bak terbuka dengan sasaran gudang selep beras.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS