Kisah Dari Masalembu, Karomah Tuan Karaeng yang Selamatkan Kapal Kandas

Chandra Iswinarno
Kisah Dari Masalembu, Karomah Tuan Karaeng yang Selamatkan Kapal Kandas
Nelayan di Desa Campor Timur saat membawa hasil tangkapannya untuk dijual. [Suara.com/M Madani]

Sebagian masyarakat di Masalembu tetap meyakini karomahan Tuan Karaeng.

Suara.com - Kecelakaan laut yang kerap kali terjadi di Perairan sekitar Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, seringkali dikaitkan dengan mistis. Tak heran, jika kemudian di kawasan tersebut kerap disebut sebagai Segitiga Masalembu oleh banyak orang.

Namun, bagi Warga Masalembu tidak mempercayai hal tersebut. Menurut mereka, hal itu hanya sebatas mitos yang kebetulan saja.

Justru yang hingga kini dipercaya masyarakat di Masalembu ialah ketokohan sosok yang disebut-sebut bernama Tuan Karaeng (Tuan Sepuh). Meski kepercayaan masyarakat terhadap hal itu sudah mulai memudar akibat arus modernisasi dan teknologi, namun sebagian masyarakat di Masalembu tetap meyakini karomahan Tuan Karaeng.

Tuan Karaeng adalah salah satu tokoh yang dipercaya di Pulau Masalembu. Tuan Karaeng diketahui bernama asli Yahya Sembul yang berasal dari Suku Mandar. Ia dikenal memiliki keilmuan yang cukup unik dan aneh, pun sampai sekarang masyarakat masih menghormati keturunan Tuan Karaeng tersebut.

Konon di Perairan Pulau Masalembu sebelum ada Mercusuar, setiap tahun kerap terjadi kapal terdampar dan kandas. Salah satunya, kapal pengangkut barang berharga milik satu perusahaan di Jakarta. Sesampainya di perairan yang menjadi lintasan semua kapal ini, kapal tersebut kandas karena tersangkut batu.

"Sekitar pulahan tahun lalu, di sini ada kapal kandas, kemudian dibantu melalui speed boat tidak bisa, karena berbagai cara yang dilakukan tetap tidak bisa. Akhirnya, ABK dari Kapal tersebut dapat telepon dari Jakarta bahwa di sini ada Tuan Karaeng yang memiliki keilmuan dan bisa menyelamatkan kapal kandas," ungkap Hidayat kepada Suara.com pada Kamis (29/08/2019).

Lalu, ABK tersebut menghadap Tuan Karaeng. Atas pertolongan Yang Maha Kuasa dan doa Tuan Karaeng, di sekitar kapal tersebut ditaburi kacang hijau kemudian batu itu jadi bubur, dan kapal tersebut akhirnya kembali normal berlayar.

Begitupula dengan keturunan Tuan Karaeng hari ini yang karomahnya masih diyakini ampuh. Karomah keturunan Tuan Karaeng disebut terjadi sekitar dua tahun lalu, saat terjadi peristiwa serupa. Saat itu, ada kapal tersangkut di atas karang, namun oleh keturunan Tuan Karaeng, kapal tersebut didoakan kemudian dengan lancar kembali berlayar.

Kontributor : Muhammad Madani

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS