Proyek Bandara Kediri Siapkan 372 Hektare dengan Nilai Invest Rp 6 Triliun

Chandra Iswinarno
Proyek Bandara Kediri Siapkan 372 Hektare dengan Nilai Invest Rp 6 Triliun
Direktur PT SDI Susanto Widiatmoko. [Suara.com/Arry Saputra]

Dari target lahan seluas 372 hektare, PT SDI telah membebaskan lahan seluas 355 hektare.

Suara.com - Groundbreaking pembangunan Bandara Kediri diperkirakan akan dilaksanakan pada Januari 2020. Pembangunan bandara ini pun telah disiapkan lahan seluas 372 hektare oleh PT Surya Dhoho Ivestama (SDI).

Direktur PT SDI Susanto Widiatmoko mengatakan, dari target lahan seluas 372 hektare, pihaknya telah membebaskan lahan seluas 355 hektare.

"Saat ini ada kekurangan sekitar 17 hektare atau 4 persen. Total investnya masih dalam proses. Estimasi range nya sangat besar di angka minimal Rp 6 Triliun," kata Susanto saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Senin (30/9/2019).

Saat ditanya apakah ada kendala terkait 17 hektare lahan yang belum di bebaskan, Susanto mengatakan jika tidak ada kendala. Ia pun optimis jika pembebasan lahan akan selesai keseluruhan pada akhir 2019.

"Sebenarnya nggak ada kendala, kan semuanya butuh waktu untuk di selesaikan. Ini bisa disiapkan untuk Januari," ucapnya.

Susanto menambahkan, dengan lahan seluas 372 hektare, panjang landasan rencananya diperkirakan sepanjang 3300 meter. Skema tersebut telah dirundingkan antara PT SDI dengan Kementerian Perhubungan.

"Kemenhub sendiri sudah menyetujui menggunakan skema pembangunan Build Operate Transfer (BOT) dan pengelolaan bandaranya akan ditangani oleh PT Angkasa Pura. Tapi untuk skema detailnya masih dibicarakan," jelasnya.

Kontributor : Arry Saputra

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS