Hujan dan Mati Lampu Mewarnai Ibadah Umat Tridharma di Kelenteng Mbah Ratu

Iwan Supriyatna
Hujan dan Mati Lampu Mewarnai Ibadah Umat Tridharma di Kelenteng Mbah Ratu
Kelenteng Mbah Ratu. (Suara.com/Dimas Angga P)

Puluhan umat Tridharma melakukan sembahyang di Kelenteng Sam Poo Tay Djien, yang juga biasa disebut Kelenteng Mbah Ratu oleh masyarakat Surabaya.

SuaraJatim.id - Puluhan umat Tridharma melakukan sembahyang di Kelenteng Sam Poo Tay Djien, yang juga biasa disebut Kelenteng Mbah Ratu oleh masyarakat Surabaya. Sembahyang ini guna memperingati Tahun baru Imlek 2571.

Ketua pengurus Kelenteng, Hartadi Tanoe Widjaja mengatakan, bahwa sembahyang yang dilaksanakan Sabtu (25/1/2020) dinihari, tidak semua umat ikut, karena sejak sore, hujan terus menerus turun.

Bahkan saat masuk waktu sembahyang, listrik di area Kelenteng padam, alhasil hanya ratusan lilin merah yang memberikan cahaya.

"Biasanya umat yang sembahyang pada malam Tahun baru Imlek 2571 banyak. Dikarenakan hujan, maka yang datang hanya beberapa saja. Selain itu, listrik padam, jadi remang-remang," ujarnya pada Kontributor Suara.com di Surabaya.

Setelah melakukan sembahyang, puluhan umat-pun membakar sesembahan yang terbuat dari kertas, dibentuk sedemikian rupa, di tempat pembakaran. Mereka meyakini, bahwa kertas yang melambangkan uang ini dikirimkan untuk leluhur dan para dewa.

"Ini doa yang kami kirimkan, dengan cara membakar, agar sampai," imbuhnya.

Setelah semua upacara sembahyang usai, puluhan umat yang datang ini menikmati sajian. Hanya saja tidak ada makanan yang khas di salah satu Kelenteng tertua di Kota Surabaya.

"Ini sederhana. Nanti pagi biasanya para umat ini melakukan pesta pergantian tahun," ungkapnya.

Selain itu, Hartadi berpesan, pada tahun baru Imlek 2571 tahun tikus logam ini, agar seluruh umat manusia, khususnya umat Tridharma, untuk menjaga kerukunan dan kemakmuran seluruh warga Indonesia.

"Semoga kehidupan umat Tridharma dan warga seluruh Indonesia diberikan kerukunan dan kemakmuran," tandas Hartadi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS