Anak Pramono Anung Sudah Kantongi Rekom dari Empat Parpol di Pilkada Kediri

Chandra Iswinarno
Anak Pramono Anung Sudah Kantongi Rekom dari Empat Parpol di Pilkada Kediri
Hanindhito Himawan Pramana. [Suara.com/Usman Hadi]

Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Kediri Lutfi Mahmudiono membenarkan, jika partainya mengusung pasangan Dhito-Dewi di Pilkada Kabupaten Kediri 2020.

SuaraJatim.id - Tercatat ada empat partai politik (parpol) yang dipastikan mengusung putra Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Hanindhito Himawan Pramono dan Dewi Maria Ulfa (Dhito-Dewi) sebagai bacabup dan bacawabup di Pilkada Kabupaten Kediri 2020.

Parpol yang telah memberikan rekom tersebut, yakni PDI Perjuangan, PKB, PAN dan Nasdem. Keempatnya telah mengeluarkan surat rekomendasi resmi kepada pasangan Dhito-Dewi agar maju sebagai bacabup-bacawabup di Pilkada Kabupaten Kediri.

Adapun, keempat parpol tersebut merupakan parpol yang besar di Kabupaten Kediri, yang bila digabung perolehan kursinya di DPRD mencapai 33 kursi. PDI Perjuangan 15 kursi, PKB 9 kursi, PAN 5 kursi dan Nasdem 4 kursi.

Ketua DPC Partai Nasdem Kabupaten Kediri Lutfi Mahmudiono membenarkan, jika partainya mengusung pasangan Dhito-Dewi di Pilkada Kabupaten Kediri 2020. Surat rekomendasi dari DPP Nasdem keluar belum lama ini.

"Iya, benar (Nasdem merekomendasikan pasangan Dhito-Dewi)," ujar Lutfi kepada SuaraJatim.id, Kamis (9/7/2020).

DPD Nasdem Kabupaten Kediri tak mengetahui alasan dewan pimpinan pusat merekomendasikan pasangan Dhito-Dewi. Namun karena rekomendasi telah keluar, segenap pengurus DPD Nasdem Kediri akan mematuhi keputusan tersebut.

Menurut Lutfi, Nasdem menyerahkan sepenuhnya urusan bacawabup ke bacabup, dalam hal ini Dhito. Pihaknya, pun tak keberatan setelah Dhito memilih Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Kediri, Dewi sebagai pasangan.

"Nasdem intinya menyerahkan (bacawabup) sepenuhnya kepada calon bupati. Jadi, Nasdem pada intinya menyerahkan kepada bakal calon bupati untuk mengajak ataupun menentukan siapa wakilnya," kata Lutfi.

"Ya, Nasdem awalnya hanya satu untuk Mas Dhito. Kemudian karena Mas Dhito sudah memilih Mbak Maria (Dewi Maria Ulfa) ya otomatis (rekomendasi dari Nasdem) satu paket," katanya.

Kontributor : Usman Hadi

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS