Pencabutan Berita dan Permintaan Maaf tentang Bayi Positif Corona Bali

Reza Gunadha
Pencabutan Berita dan Permintaan Maaf tentang Bayi Positif Corona Bali
Tampilan laman artikel tentang bayi positif virus corona di Bali yang sudah dicabut oleh redaksi Suara.com.

Kami melakukan pencabutan atau penghapusan artikel berjudul "Kasus Corona di Bali, Bayi Usia 1 Bulan dan Ibu Hamil Meninggal Hari Ini"

SuaraJatim.id - Kami melakukan pencabutan atau penghapusan artikel berjudul "Kasus Corona di Bali, Bayi Usia 1 Bulan dan Ibu Hamil Meninggal Hari Ini" pada laman daring SuaraJatim.id. Laman itu adalah subdomain media daring nasional Suara.com.

Penghapusan artikel "Kasus Corona di Bali, Bayi Usia 1 Bulan dan Ibu Hamil Meninggal Hari Ini" dilakukan pada hari Selasa (14/7/2020), pukul 10.10 WIB.

Alasan penghapusan artikel tersebut adalah, terdapat kesalahan fatal si penulis, yang menjadi tanggungjawab redaksi.

Artikel itu sejatinya adalah saduran dari pemberitaan Beritabali.com yang berjudul "Balita Usia 1 Bulan di Jembrana Positif Covid-19". Untuk diketahui, Beritabali.com adalah partner Suara.com.

Namun, pada artikel laman daring Beritabali.com, tidak ada kalimat yang menyebutkan bayi positif terinfeksi virus corona tersebut meninggal dunia.

Sementara pada judul maupun tubuh artikel Suara.com yang telah dihapus itu, justru disebutkan bayi tersebut meninggal dunia.

Setelah pemberitaan yang salah itu, redaksi Suara.com mendapat protes dari publik maupun dari redaksi Beritabali.com.

Merujuk hal tersebut, kami hendak menegaskan kesalahan yang terjadi bukanlah disebabkan Beritabali.com, melainkan kesalahan penyaduran oleh Suara.com.

Kami sudah memanggil dan memberikan sanksi kepada penulis, sebagai bentuk pertanggungjawaban jurnalistik.

Melalui artikel ini juga, Redaksi Suara.com mememinta maaf sebesar-besarnya, terutama kepada keluarga bayi, redaksi Beritabali.com, dan publik.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS