Indeks Terpopuler News Lifestyle

Ibu, Begini Posisi Menyusui yang Benar

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi Kamis, 13 Agustus 2020 | 14:02 WIB

Ibu, Begini Posisi Menyusui yang Benar
Ilustrasi ibu menyusui. (Sumber: Shutterstock)

Posisi saat menyusui dapat berpengaruh terhadap jumlah Air Susu Ibu atau ASI yang dihasilkan.

SuaraJatim.id - Posisi saat menyusui ternyata memiliki pengaruh besar terhadap jumlah Air Susu Ibu atau ASI yang dihasilkan oleh ibu.

Posisi yang keliru atau bahkan kondisi ibu yang tidak tenang, bisa membuat bayi menjadi tidak nyaman saat diberi ASI. 

Untuk alasan itu, Ketua Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr. Elizabeth Yohmi Sp.A membagikan posisi menyusui yang benar. 

Pertama, saat digendong, bayi harus benar-benar menghadap ke arah ibu.  "Jadi kepala, leher, bokong, muka itu harus  menghadap ke payudara. Dada ibu dan anak menempel, dan tangan memeluk. Ini kunci," kata Elizabeth dalam siaran langsung bersama Instagram IDAI, beberapa waktu lalu.

Kedua, ia menambahkan bahwa posisi ibu juga sangat menentukan banyak tidaknya ASI.

Disarankan ibu tetap duduk tenang bersender dan tidak membungkuk yang pada akhirnya bisa membuat bayi merasa lelah hingga tidak nyaman. 

Ketiga, setelah posisi ibu sudah dipastikan aman, ibu bisa mulai mengarahkan puting payudara ke bibir atas bayi.

Elizabeth tidak menyarankan puting diarahkan lurus mengarah ke mulut bayi. Karena itu justru bisa mengakibatkan puting ibu terjepit dan menjadi lecet.

"Bayi mulutnya terbuka, baru kita masukan dari atas ke dalam menyusuri langit-langit. Sehingga puting itu di dalam rongga mulut dan tidak terjepit, biasanya aman tidak lecet," katanya.

Intensitas menyusui juga dianggap bisa memengaruhi produktifitas ASI. Karena itu, ia mengingatkan agar ibu selalu menghindari stres meski diawal kelahiran air susu belum juga keluar. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait