alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Ramadhan Harga Telur dan Daging Ayam di Madiun Malah Melejit

Muhammad Taufiq Senin, 12 April 2021 | 17:21 WIB

Jelang Ramadhan Harga Telur dan Daging Ayam di Madiun Malah Melejit
Harga daging ayam di Madiun melejit naik [Foto: Antara]

Menjelang Bulan Ramadhan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kota Madiun, Jawa Timur, melejit naik.

SuaraJatim.id - Menjelang Bulan Ramadhan harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di Kota Madiun, Jawa Timur, melejit naik. Salah satunya harga daging ayam dan telur di sejumlah pasar tradisional.

Harga daging ayam broiler di Pasar Besar Madiun saat ini sudah tembus Rp 40 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 28 ribu per kilogram. Hal ini diungkapkan Murti, salah satu pedagang di sana.

Menurut Murti, kenaikan ini sudah terjadi secara bertahap sejak sepekan terakhir. Dia melanjutkan, kondisi ini sebenarnya sudah biasa terjadi setiap tahun, apalagi menjelang Ramadhan.

"Kenaikan harganya terjadi secara bertahap sejak sepekan terakhir menjelang puasa," ujar Murti di Madiun, seperti dikutip dari Antara, Senin (12/04/2021).

Baca Juga: Umat Islam di China Mulai Puasa Ramadhan Selasa Besok

Adapun penyebab kenaikan banyak faktor. Paling dominan adalah karena banyaknya permintaan konsumen. Selain itu juga dipengaruhi oleh stok yang terbatas hingga harga ternak ayam dari peternak mengalami kenaikan.

"Dari peternak, harga kulakan ternak ayam potong sudah naik. Sehingga harga jual juga menyesuaikan," katanya.

Akibat tingginya harga, jumlah penjualannya jug mengalami penurunan. Biasanya rata-rata bisa laku 25 ekor ayam, sekarang hanya laku 20 ekor saja setiap harinya.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditas telur ayam ras. Pedagang telur ayam di Pasar Besar Madiun, Budiono mengatakan harga telur ayam sebelumnya di kisaran Rp20.000 hingga Rp21.000 per kilogram. Namun sekarang ini mencapai Rp24.000 per kilogram.

"Menjelang ramadhan, harga telur ayam juga naik karena banyak permintaan. Apalagi masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa biasanya menyambut Ramadhan dengan tradisi "megengan" maupun selamatan," kata Budi.

Baca Juga: 5 Cara Tentukan Awal Ramadhan di Indonesia, Bisa Pakai Perhitungan Jawa

Sementara penurunan harga mulai terjadi pada komoditas cabai. Cabai rawit yang beberapa bulan terakhir menembus angka Rp 100.000 per kilogram, saat ini turun menjadi kisaran Rp 60.000 - Rp 70.000 per kilogram.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait