alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Milenial Jatim Tak Puas Kinerja Jokowi Tangani Covid-19

Chandra Iswinarno Senin, 12 April 2021 | 17:22 WIB

Milenial Jatim Tak Puas Kinerja Jokowi Tangani Covid-19
Peneliti Senior Ikhsan Rosidi memaparkan hasil survei SSC bertajuk Gelagat Politik Milenial di Hotel Narita Surabaya, Senin (12/4/2021). [Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia]

Penanganan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani Pandemi Covid-19 tidak memuaskan milenial Jawa Timur (Jatim).

SuaraJatim.id - Penanganan pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menangani Pandemi Covid-19 tidak memuaskan milenial Jawa Timur (Jatim). Namun di satu sisi, kalangan milenial Jatim puas dengan penanganan yang dilakukan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Kesimpulan tersebut disampaikan Peneliti Senior Surabaya Survei Center (SSC) Ikhsan Rosidi saat merilis hasil survei yang digelar lembaganya di Hotel Narita Surabaya, Senin (12/4/2021).

"48,5 persen responden mengaku jika mereka tidak puas dengan kinerja pemerintah dalam menghadapi Covid-19. Lalu, 40,6 persen mengaku puas. 10,9 persen sisanya tidak tahu dan tidak menjawab," katanya seperti dikutip dari Times Indonesia-jaringan Suara.com.

Meski begitu, dia mengemukakan, kondisi berbeda justru terjadi dari hasil survei serupa dikaitkan dengan kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Baca Juga: Survei Pilgub Jatim 2023, Khofifah, Risma Hingga Emil Dardak Teratas

"46,1 persen menyatakan puas, 42,9 puas, dan 11 persen memilih tidak tahu atau tidak menjawab," paparnya.

Kemudian, kepuasaan masyarakat kepada Pemprov Jatim dipandang Ikhsan memiliki korelasi dengan kebijakan-kebijakan yang diambil.

"Seperti menjaga ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, lalu terkait testing dan tracing, hingga dalam pemulihan ekonomi," tandasnya.

Meski tidak puas dengan kinerja pemerintah pusat, kelompok milenial ternyata juga memiliki perhatian terkait kinerja personalitas Jokowi-Maruf Amin. Ikhsan mengatakan, dari survei yang mereka lakukan, mayoritas responden mengaku puas dengan kinerja Presiden Jokowi.

Meski menganggap kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 tidak terlalu berhasil, namun milenial yang cenderung puas kinerja Jokowi sebanyak 65 persen, sedangkan 24,4 persen kurang puas, dan 5,4 persen tidak puas, serta 4.9 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Baca Juga: Survei SSC: Milenial Favoritkan Khofifah, Risma dan Emil Jadi Cagub Jatim

"Ini paradoks dan menarik untuk didalami. Mungkin responden bisa tertarik karena profilnya atau sosoknya," tambah Ikhsan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait