alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Enggak Kalah Keren, Deretan Wisata Sejarah di Mojokerto Ini Wajib Kamu Singgahi

Muhammad Taufiq Selasa, 08 Juni 2021 | 07:35 WIB

Enggak Kalah Keren, Deretan Wisata Sejarah di Mojokerto Ini Wajib Kamu Singgahi
Candi Brahu [instagram @pesonaid_travel]

Mojokerto, Jawa Timur terkenal dengan situs purbakalanya yang penuh dengan nilai sejarah. Hal itu membuat Mojokerto menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang dilewatkan.

SuaraJatim.id - Mojokerto, Jawa Timur terkenal dengan situs purbakalanya yang penuh dengan nilai sejarah. Hal itu membuat Mojokerto menjadi salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Bagi warga sekitar seperti Pasuruan, Malang, Surabaya, tentu tidak akan asing dengan tempat-tempat wisata yang ada di Mojokerto. Tak hanya wisata alam, sejumlah wisata sejarah yang ada di kota ini juga cukup keren dan menarik untuk dikunjungi.

1.Candi Brahu

Candi Brahu tercatat sebagai candi tertua yang ada di Mojokerto. Candi yang memiliki tinggi sekitar 27 meter ini diperkirakan sudah dibangun pada masa pemerintahan Raja Empu Sendok. Selama mengunjungi situs bersejarah tersebut, kamu bisa menemukan jejak dari dua kerajaan besar yang ada di Jawa yaitu Kahuripan dan Majapahit.

Baca Juga: Survei Agoda: Minat Wisata Berkelanjutan di Indonesia Rendah

Candi Brahu [instagram @pesonaid_travel]
Candi Brahu [instagram @pesonaid_travel]

Ketika menapakkan kaki di kawasan wisata, jangan heran jika menemukan sesajen menghiasi pintu candinya. Sesajen tersebut dengan sengaja diletakkan di sana oleh masyarakat sekitar. Kehadiran beberapa sesajen yang menghiasi pintu candi, semakin memberikan kesan mistis dan menegangkan sejak memasuki kawasan wisatanya.

2. Candi Bajang Ratu

Ketika melihatnya sekilas, kemungkinan wisatawan tidak akan menyangka bahwa bangunan yang berada di depan matanya adalah salah satu situs bersejarah bernama Candi Bajang Ratu. Hal ini dikarenakan bentuknya yang tidak menyerupai candi pada umumnya. Dibandingkan dengan bentuk candi, situs bersejarah ini memiliki bentuk bangunan lebih mirip dengan gapura.

Candi Bajang Ratu [instagram @bejijongmajapahit]
Candi Bajang Ratu [instagram @bejijongmajapahit]

Pembangunannya sendiri memiliki tujuan sebagai tempat penghormatan Prabu Jayanegara. Penjelasan terkait tujuan pembangunannya sendiri dapat ditemukan pada bagian kaki gapura relief Sri Tanjung. Di tempat itu pula, kamu bisa melihat gapura dengan atap cukup besar yang terbuat dari batu bata merah. Gaya arsitekturnya yang unik berhasil menjadi daya tarik utamanya.

3. Museum Trowulan

Baca Juga: Habis Cerai, Janda Cantik di Mojokerto Gantung Diri di Jendela Kamar

Pusat Informasi Mojopahit (PIM) di Trowulan Mojokerto [instagram @raff_aerial]
Pusat Informasi Mojopahit (PIM) di Trowulan Mojokerto [instagram @raff_aerial]

Museum Trowulan tampaknya wajib masuk ke dalam daftar wisata yang tidak boleh ketinggalan untuk dikunjungi ketika berlibur ke Mojokerto. Museum satu ini menyimpan berbagai prasasti bersejarah dari Kerajaan Majapahit. Setidaknya ada 80 ribu prasasti yang menjadi koleksi museum ini.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait