alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Berikut Ini Daftar Kampus Negeri di Pulau Madura

Muhammad Taufiq Kamis, 26 Agustus 2021 | 08:45 WIB

Berikut Ini Daftar Kampus Negeri di Pulau Madura
Universitas Trunojoyo Bangkalan Madura [Foto: Wikipedia]

Pendidikan menjadi salah satu hal penting dan mendasar bagi suatu daerah. Di Jawa Timur ( Jatim ) sendiri ada banyak sekali perguruan tinggi baik swasta maupun negeri.

SuaraJatim.id - Pendidikan menjadi salah satu hal penting dan mendasar bagi suatu daerah. Di Jawa Timur ( Jatim ) sendiri ada banyak sekali perguruan tinggi baik swasta maupun negeri.

Untuk kampus negeri, orang dari luar Jatim mungkin lebih akrab dengan Surabaya, Malang dan Jember. Padahal sebenarnya ada sejumlah daerah lain di provinsi ini yang memiliki kampus negeri tak kalah bagusnya.

Di Pulau Madura misalnya. Ada sejumlah kampus negeri yang juga menjadi pilihan favorit di sana. Nah biar lebih akarab, berikut ini daftar kampus-kampus negeri di Pulau Madura yang bisa menjadi pilihan studi kalian:

1. Universitas Trunojoyo Madura

Baca Juga: Madura United Dapatkan Pengganti Jacob Pepper, Berasal dari Korea Selatan

Universitas Trunojoyo Madura (UTM) adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di Kabupaten Bangkalan (Madura) Provinsi Jawa Timur. Universitas ini menjadi Perguruan Tinggi Negeri berdasarkan Keputusan Presiden tanggal 5 Juli 2001.

Dulu kampus ini bernama Universitas Bangkalan Madura (Unibang) yang ‘berubah statusnya’ dari Perguruan Tinggi Swasta menjadi Perguruan Tinggi Negeri.

Perguruan tinggi ini diresmikan pada tanggal 23 Juli 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid. Universitas Trunojoyo Madura merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-7 di Jawa Timur. Universitas Trunojoyo Madura juga dikenal dengan sebutan UTM atau UTM Madura (untuk membedakan singkatan universitas dari Malaysia yaitu UTM).

Universitas Trunojoyo Madura dibangun di atas lahan seluas 28,5 hektare, yang terletak lima kilometer dari Pelabuhan Kamal Madura dan 15 kilometer dari kota Bangkalan. Pengembangan kampus pada masa yang akan datang diarahkan menjadi lingkungan yang nyaman untuk kegiatan belajar mengajar.

Selain itu, lokasi Universitas Trunojoyo Madura akan berada dalam lingkungan pusat pengembangan Bangkalan sebagai perluasan Kota Surabaya dalam satuan wilayah pengembangan Gerbangkertasusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan)

Baca Juga: Tak Lengkapi Izin, Apotek di Sampang Madura Ini Disegel Satpol PP

2. IAIN Madura

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait