alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Asyik! Car Free Day Surabaya Bakal Digelar Lagi, Wali Kota Surabaya: InsyaAllah..

Muhammad Taufiq Rabu, 27 Oktober 2021 | 22:28 WIB

Asyik! Car Free Day Surabaya Bakal Digelar Lagi, Wali Kota Surabaya: InsyaAllah..
Ilustrasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Surabaya, Jawa Timur. (Beritajatim.com)

Kabar gembira bagi warga Kota Surabaya. Setelah dua tahun ditutup, akhirnya Care Free Day (CFD) bakal kembali digelar.

SuaraJatim.id - Kabar gembira bagi warga Kota Surabaya. Setelah dua tahun ditutup, akhirnya Care Free Day (CFD) bakal kembali digelar.

CFD yang semangatnya sebagai upaya pengurangan emisi karbon kendaraan bermotor itu akan kembali digelar dalam waktu dekat setelah situasi Covid-19 di Kota Pahlawan berhasil melandai dan masuk dalam PPKM Level 1 per per tanggal 19 Oktober 2021.

Hal ini disampaikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Ia mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini. Namun ia memastikan sebelum CFD digelar, ada aturan-aturan teknis yang harus dipatuhi bersama.

"CFD InsyaAllah masih dihitung (teknisnya) bersama teman-teman, dengan batasan-batasan. Sehingga tidak dibuka los (bebas)," ujarnya, seperti dikutip dari timesindonesia.co.id, jejaring media suara.com, Rabu (27/10/2021).

Baca Juga: Ya Ampun! Jalan Bergelombang di Surabaya Makan Korban, Bocah SD Tewas Terlindas

Penerapan protokol kesehatan seperti pembatasan jumlah pengunjung hingga penerapan scan barcode PeduliLindungi menjadi dua di antara syarat utama.

"Misalnya berapa jumlah pengunjung CFD nanti. Terus di ujung-ujung (jalan) ada yang menjaga berapa orang dan yang penting ada PeduliLindungi saat masuk ke CFD-nya. Itu yang kita lakukan dan kita sedang diskusikan dengan teman-teman," papar Eri.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu tidak ingin dengan penerapan kembali CFD, kemudian menimbulkan euforia bagi masyarakat sehingga abai terhadap protokol kesehatan. "Kita mulai menggerakkan menuju new normal tapi tidak euforia yang berlebihan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Suharto Wardoyo memastikan bahwa tahap awal CFD akan dilaksanakan mulai tanggal 7 November 2021.

Diawali dengan uji coba di kawasan Jalan Kembang Jepun, yang telah mendapatkan asesmen dari Satgas Covid-19 Surabaya.

Baca Juga: Aji Santoso Puji Penampilan Gemilang Kiper Mudanya Saat Hadapi Persija

"Kembang Jepun dipilih karena tidak terlalu banyak jalannya, hanya ada dua. Sehingga mudah bagi kami untuk menyiapkan aplikasi peduliLindungi, dan memastikan masyarakat yang masuk area itu sudah melaksanakan vaksin dua kali," jelasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait