alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kandungan Surah Az Zumar Ayat 53, Ampunan Allah Terhadap Hambanya

Dinar Surya Oktarini Senin, 22 November 2021 | 14:45 WIB

Kandungan Surah Az Zumar Ayat 53, Ampunan Allah Terhadap Hambanya
Ilustrasi Alquran. (Shutterstock)

Dalam surah Az Zumar ayat 53, dijelaskan bahwa Allah akan mengampuni segala dosa hambanya, asalkan mau bertaubat dan kembali ke jalan yang lurus.

SuaraJatim.id - Surah Az Zumar merupakan surat makkiyah dan turun di kota Mekkah.  Az Zumar artinya rombongan-rombongan, diambil dari kata yang terdapat pada ayat 71 dan 73 surat ini. Surah ini dinamakan pula surat Al Ghuraf, diambil dari kata pada ayat 20.

Isi Kandungan utama Surah Az Zumar  adalah penjelasan tauhid dan bantahan terhadap kesyirikan. Namun, secara khusus adalah ayat optimisme yang melarang putus asa dari rahmat Allah karena Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Dalam surah Az Zumar ayat 53, dijelaskan bahwa Allah akan mengampuni segala dosa hambanya, asalkan mau bertaubat dan kembali ke jalan yang lurus. Termasuk juga dosa syirik. Asalkan benar-benar bertaubat, Allah akan memberikan ampunan-Nya.

Ayat ini menunjukkan betapa besarnya rahmat Allah kepada hamba-Nya, meskipun manusia durhaka dan melampaui batas, Allah memanggil mereka dengan panggilan yang sangat lembut yaitu ibaadii yang artinya Hamba-hambaKu.

Baca Juga: Isi Kandungan Surah Al-Araf Lengkap dengan Bacaan Latinnya

Berikut ini bacaan Az Zumar ayat 53 :

Arab-latin: Qul y 'ibdiyallana asraf 'al anfusihim l taqna mir ramatillh, innallha yagfiru-unba jam', innah huwal-gafrur-ram

Artinya: "Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Itulah sekilas penjelasan tentang surah Az Zumar ayat 53, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Baca Juga: Makna Surah Ar-Rum Ayat 21: Membangun Keluarga yang Sakinah Mawadah dan Warohmah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait