alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sifat Siddiq Artinya Apa? Harus Tahu Jika Anda Ingin Menjadi Pemimpin Amanah

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 26 November 2021 | 15:35 WIB

Sifat Siddiq Artinya Apa? Harus Tahu Jika Anda Ingin Menjadi Pemimpin Amanah
Ilustrasi korupsi / sifat siddiq artinya (shutterstock)

Shiddiq merupakan salah satu bentuk dari shighat mubalaghah dari kata shadaqa atau shidqu.

SuaraJatim.id - Sikap siddiq dalam bahasa Indonesia adalah jujur. Tak hanya sekadar jujur, tapi juga bersikap ketulusan hati atau kelurusan hati. Berikut pembahasan lengkap sifat siddiq artinya.

Dalam skripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM milik Khairul Munawar, kata shiddiq berasal dari bahasa Arab shadaqa/shidqan/shadiqan berarti benar, nyata, berkata benar.

Shiddiq merupakan salah satu bentuk dari shighat mubalaghah dari kata shadaqa atau shidqu dengan makna sangat benar dalam ucapannya maupun dalam perbuatannya dan juga dalam membenarkan pada halhal gaibnya Allah SWT, dan membenarkan pada ayat-ayat-Nya, kitab-kitabNya dan utusan-utusan-Nya.

Ilustrasi berdoa / Sifat Siddiq Artinya (pixbay)
Ilustrasi berdoa / Sifat Siddiq Artinya (pixbay)

Dengan demikian dalam agama Islam sikap seperti inilah yang dinamakan shiddiq. Makanya jujur itu bernilai tak terhingga.

Baca Juga: 12 Tahun Jadi Rahasia, Kisah di Balik Lagu 'Aku Harus Jujur' Kerispatih Terbongkar

Karena semua sikap yang baik selalu bersumber pada “kejujuran”. Merupakan suatu keindahan bila setiap individu bersikap jujur terhadap dirinya, pedagang senantiasa jujur dalam usaha dagangannya, demikian pula pemimpin yang jujur dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Siddiq juga dapat diartikan adanya kesesuaian atau keselarasan antara apa yang disampaikan atau diucapkan dengan apa yang dilakukan atau kenyataan yang
ada.

Kejujuran juga memiliki arti kecocokan dengan kenyataan atau fakta yang ada. Salah satu sifat dan sikap yang termasuk fadlilah ialah ash-Shidiq yang berarti benar dan jujur. Yang dimaksud disini ialah berlaku benar dan jujur baik dalam perkataan maupun dalam perbuatan.

Sikap benar ini adalah salah satu fadlilah yang menentukan status dan kemajuan perseorangan dan masyarakat.

Menegakan prinsip kebenaran adalah salah satu sendi kemaslahatan dalam hubungan antara manusia dengan manusia dan antara satu golongan dengan golongan lainnya.

Baca Juga: Viral Badai Eks Kerispatih Ungkap Rahasia Lagu Aku Harus Jujur, Banyak yang Kecele Kan

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait