facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jaga Kesehatan dengan Kembali Terapkan Pola Makan Sehat Usai Lebaran, Begini Tipsnya..

Muhammad Taufiq Jum'at, 13 Mei 2022 | 16:16 WIB

Jaga Kesehatan dengan Kembali Terapkan Pola Makan Sehat Usai Lebaran, Begini Tipsnya..
Ilustrasi makanan sehat (Pexels/Trang Doan)

Selama Ramadhan lalu, banyak masyarakat yang mengonsumsi makanan berlemak, misalnya gorengan sebagai menu takjil buka puasa dan lainnya.

SuaraJatim.id - Selama Ramadhan lalu, banyak masyarakat yang mengonsumsi makanan berlemak, misalnya gorengan sebagai menu takjil buka puasa dan lainnya.

Kemudian setelah itu momentum Lebaran. Pada momentum Idul Fitri ini juga demikian banyak makanan-makanan yang mengandung lemak, opor ayam dan lain sebagainya.

Lalu ada juga rupa-rupa jajanan manis, kue, minuman dan lain sebagainya. Nah, usai Ramadhan dan Lebaran ini, kini saatnya kembali menerapkan pola makan yang lebih baik agar kesehatan tetap terjaga.

Berikut ini adalah tips untuk mengembalikan pola makan sehat usai Ramadhan dan Lebaran, menurut spesialis Gizi dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) dr. Elfina Rachmi:

Baca Juga: Usai Perayaan Lebaran, Ini Tips kembalikan pola Hidup Sehat

Perhatikan konsumsi gula, garam, dan minyak

Anda harus membatasi konsumsi gula, garam, minyak, serta tajin memantau berat badan. Selain itu, cek kesehatan secara rutin, istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

Prinsip diet

Ikuti pola makan sehat 4J yakni Jumlah, Jadwal, Jenis, dan Jurus Masak.

Jumlah yang cukup dan diet seimbang sesuai kebutuhan, jadwal yang teratur agar proses metabolisme terjaga dengan baik, serta jurus memasak yang sehat dengan memilih pengolahan bervariasi.

Baca Juga: Enggan Konsumsi Makanan Berminyak Terlalu Banyak, Cara Pria Ini Bersantap Jadi Sorotan Publik

"Seperti kukus, rebus, panggang, pepes daripada menggoreng. Menggoreng sebaiknya maksimal dua kali seminggu," kata Elfina.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait