facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sulit Jalin Hubungan Lagi Sebab Masih Dihantui Trauma Masa Lalu, Ini yang Harus Kalian Lakukan

Muhammad Taufiq Sabtu, 30 Juli 2022 | 12:05 WIB

Sulit Jalin Hubungan Lagi Sebab Masih Dihantui Trauma Masa Lalu, Ini yang Harus Kalian Lakukan
Ilustrasi trauma (Unsplash)

Traumatik dengan peristiwa-peristiwa menyakitkan yang pernah dialami memang memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan mental.

SuaraJatim.id - Traumatik dengan peristiwa-peristiwa menyakitkan yang pernah dialami memang memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan mental.

Efek negatifnya, orang akan sulit menerima kenyataan kemudian menjalin hubungan lagi. Alhasil banyak orang yang memutuskan untuk tidak mencari pasangan lagi dikarenakan trauma akan diperlakukan sama seperti pasangannya terdahulu.

Padahal seharusnya hal itu tidak terjadi dan harus dilupakan. Jadi, bagaimana seharusnya kita melupakan trauma tersebut agar tidak mempengaruhi hubungan selanjutnya? Simak beberapa cara yang bisa dilakukan :

1. Sibukkan diri dengan aktifitas

Baca Juga: Masih Trauma usai Dilecehkan Brigadir J, Istri Ferdy Sambo Ngaku Makin Menderita Dihakimi Komentar Negatif

Diam saja dan tidak melakukan apapun akan buat mental kita terus memikirkan kejadian yang buat trauma. Cobalah untuk cari aktifitas yang bisa menyibukkan diri.

Contohnya, lakukan hobi seperti melukis atau berolahraga. Jadikan hobi kita sebagai salah satu rutinitas wajib di setiap harinya. Dengan begitu, perlahan trauma itu akan hilang karena banyak waktu terkuras untuk melakukan kesibukan baru ini.

2. Yakin bisa berubah

Hal yang paling sulit dilakukan dalam hubungan adalah melupakan suatu hal, termasuk mencoba melupakan trauma buruk yang pernah terjadi. Tak jarang juga, kesehatan mental ikut terpengaruhi oleh hal ini.

Kita tidak perlu melupakan trauma itu jika dirasa berat. Yang perlu dilakukan adalah yakinkan diri kita terlebih dahulu bahwa kita kuat dan bisa lebih baik di masa yang sekarang.

Baca Juga: Rumah Tangganya Dengan Sule Kandas, Nathalie Holscher Trauma Menikah Lagi

Lakukan hal ini agar kamu dapat terus hidup dan berproses. Karena jika tidak melakukannya, kamu akan terus menyalahkan diri dan cenderung terlarut dalam trauma itu. Lawan hal itu dan mulai dari niat diri sendiri dan akhirnya mental kamu juga terpengaruh.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait