Aksi Anggota TNI Panjat Tiang Bendera Bikin Haru Upacara di Banyuwangi

Bangun Santoso
Aksi Anggota TNI Panjat Tiang Bendera Bikin Haru Upacara di Banyuwangi
Para pelatih Paskibra di Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi, Jawa Timur. (Suara.com/Nur Qomariyah)

Peristiwa itu sempat viral saat aksi seorang prajurit TNI memanjat tiang dan membetulkan bendera yang tersangkut

Suara.com - Aksi seorang anggota TNI AD Koramil Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang memanjat tiang demi selamatkan bendera Merah Putih yang tersangkut heboh di media sosial. Sejumlah peserta upacara penurunan bendera di hari kemerdekaan pun terharu dibuatnya, tak terkecuali para pelatih Paskibra di upacara tersebut.

Suasana haru menyelimuti pelatih 71 anggota Paskibra di Kecamatan Wongsorejo. Seperti yang dituturkan oleh salah satu pelatih Brigadir Roni Marzuki. Menurut dia, suasana haru tampak mewarnai sekitar 1.000 lebih peserta upacara yang hadir. Sebagian besar bahkan sampai menangis dibuatnya

"Semua peserta upacara kurang lebih ada seribu orang menangis menyaksikan aksi itu. Hingga prosesi upacara penurunan bendera berakhir, seluruh anggota Paskibra baru ikut meledakkan tangisannya di dalam ruangan," ungkap Roni.

Tak hanya itu, kelima pelatih yang berasal dari unsur TNI dan Polri juga ikut menangis haru. Mereka merasa bangga mampu menjaga komitmen serta mental semua anggota Paskibra meski ada insiden bendera tersangkut di tiang.

"Kita berlima juga ikut menangis, tapi kita tidak menampakkan di depan anak-anak. Kami menangis karena bangga walaupun ada masalah bendera yang tersangkut, mereka masih profesional tegak dalam barisan," ujar Roni.

Ia mengaku, atas peristiwa itu, mampu membentuk karakter para anggota Paskibra menjadi lebih disiplin bukan hanya di lapangan saja. Roni juga menyebut para orang tua sekarang rata-rata ingin anaknya ikut serta menjadi Paskibra, sehingga berdampak pada perubahan pribadi yang positif termasuk di dalam keluarga.

Untuk memberikan apresiasi terhadap kedisplinan anggota Paskibra, Roni menyebutkan para pelatih akan membawa mereka pergi berlibur ke Bali bersama-sama.

Sebelumnya, aksi anggota TNI di Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi membuat heboh dunia maya. Aksi prajurit itu terekam memanjat tiang untuk membetulkan bendera Merah Putih yang tersangkut saat upacara penurunan bendera di peringatan HUT RI ke-74 di daerah itu.

Kontributor : Nur Qomariyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS