Tolak RUU KPK, Mahasiswa Geruduk Kantor DPRD Jombang

Agung Sandy Lesmana
Tolak RUU KPK, Mahasiswa Geruduk Kantor DPRD Jombang
Suasana saat Aliansi mahasiswa Jombang melakukan aksi penolakan RUU KPK di depan gedung DPRD Jombang. (Timesindonesia.com).

Beberapa poin mereka suarakan, seperti menuntut Presiden RI Joko Widodo untuk mencabut RUU KPK.

Suara.com - Aliansi mahasiswa Jombang menggelar aksi penolakan RUU KPK di depan gedung DPRD Jombang, Senin (23/9/2019).

Mahasiswa menilai, RUU KPK nomer 30 tahun 2002 tentang komisi pemberantasan tindak pidana korupsi bisa melemahkan lembaga antirasuah dalam menjalankan pemberantas korupsi.

Pantauan TIMESIndonesia.com-jaringan Suara.com, aksi aliansi mahasiswa Jombang yang terdiri dari organisasi HMI, TAMARA, KAMI, GMNI, IKTAMA tersebut dilakukan dengan berjalan kaki dari Ringin Contong dan melakukan orasi di depan gedung DPRD Jombang, Jalan Wahid Hasyim.

Beberapa poin mereka suarakan, seperti menuntut Presiden RI Joko Widodo untuk mencabut RUU KPK.  Kedua, mereka menuntut presiden dan DPR RI untuk mencabut RUU KPK yang melemahkan kinerja KPK. Yang ketiga, meminta presiden menerbitkan PERPU terkait pelemahan KPK yang sudah disahkan.

Selain kepada presiden dan DPR RI, mereka juga meminta lembaga Mahkamah Konstitusi (MK) harus mengabulkan judicial review terkait UU KPK yang dinilai dirancang sembarang oleh pemerintah dan DPR RI tersebut.

Tidak hanya ke gedung wakil rakyat, mereka juga sempat melakukan aksi gedung Pemerintahan Kabupaten Jombang.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS