Indeks Terpopuler News Lifestyle

Penting! Jangan Lihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang, Ini Tipsnya

Pebriansyah Ariefana Kamis, 26 Desember 2019 | 12:21 WIB

Penting! Jangan Lihat Gerhana Matahari dengan Mata Telanjang, Ini Tipsnya
Melihat Gerhana Matahari. (Suara.com/Ali)

Akan merusak mata.

SuaraJatim.id - Melihat fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) tentunya tidak bisa dilakukan dengan mata telanjang. Peristiwa langka ini memang menarik untuk diamati. Namun, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan ketika mengamati Gerhana Matahari Cincin dan Gerhana Matahari Sebagian pada 26 Desember ini.

Samsyul Maarif Wakil Ketua Lembaga Falakiyah PWNU Jatim menjelaskan, jika seseorang memaksakan melihat GMC dengan mata telanjang, maka akan merusak mata tersebut. Untuk itu, dia menyarankan menggunakan teropong maupun alat bantu.

"Kalau ingin melihat GMC harus menggunakan alat bantu seperti teropong maupun kacamata khusu. Tidak disarankan dengan mata telanjang karena akan merusak mata," katanya, Kamis (26/12/2019).

Gerhana Matahari Cincin sendiri merupakan gerhana yang terjadi ketika bayangan bulan hanya menutupi bagian tengah matahari. Sehingga menyisakan bentuk cincin api di sekeliling bayangan bulan.

Berikut tips untuk melihat gerhana matahari.

1. Harus pakai filter solar

Agar pengamatan berlangsung aman, pengguna harus menggunakan perantara filter untuk menatap matahari. Filter yang digunakan pun mesti khusus, yakni filter solar.

Filter ini akan menyaring sebagian besar cahaya yang menyilaukan dan berpotensi mengganggu penglihatan pengamat.

2. Menatap dengan kacamata hitam dilarang

Menatap gerhana dengan kacamata hitam juga tidak disarankan. Sebab filter yang digunakan pada kacamata hitam belum tentu cukup melindungi tingginya intensitas cahaya saat gerhana berlangsung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait