facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Catat! Awal Musim Hujan di Sebagian Wilayah Jatim Jatuh Akhir Oktober

Muhammad Taufiq Selasa, 15 September 2020 | 12:08 WIB

Catat! Awal Musim Hujan di Sebagian Wilayah Jatim Jatuh Akhir Oktober
Ilustrasi hujan (Unsplash/Osman Rana)

Beberapa wilayah yang akan mengalami musim hujan lebih awal yakni Sumatra dan Sulawesi, serta sebagian kecil Jawa, Kalimantan, NTB, dan NTT.

SuaraJatim.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meramalkan awal musim hujan akan jatuh pada akhir Oktober. Hal ini dijelaskan Deputy Klimatologi BMKG Herizal beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, datangnya musim hujan umumnya berkaitan erat dengan peralihan Angin Timuran yg bertiup dari Benua Australia (Monsun Australia) menjadi Angin Baratan yang bertiup dari Benua Asia (Monsun Asia).

Ia menambahkan, peralihan angin monsun diprediksi akan dimulai dari wilayah Sumatra pada Oktober 2020. Lalu masuk wilayah Kalimantan, kemudian sebagian wilayah Jawa, Bali, Nusa Tenggara pada November 2020.

"Akhirnya Monsun Asia sepenuhnya dominan di wilayah Indonesia pada bulan Desember 2020 hingga Maret 2021," katanya.

Baca Juga: Modus Dukun Cabul di Gresik, Transfusi Obat Lewat Hubungan Badan

Dari total 342 zona musim (ZOM) di Indonesia, sebanyak 34,8 persen diprediksi akan mengawali musim hujan pada bulan Oktober 2020, yaitu sebagian wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Sebanyak 38,3 persen wilayah akan memasuki musim hujan pada November 2020, meliputi sebagian Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Sementara itu 16,4 persen di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, NTB, NTT, dan Papua akan masuk awal musim hujan di Desember 2020.

Jika dibandingkan terhadap rerata klimatologis awal musim hujan (periode 1981 sampai 2010), maka awal musim hujan 2020 sampai 2021 di Indonesia diprakirakan sebanyak 154 ZOM atau setara 45 persen wilayah akan mundur.

Sementara pada 128 ZOM atau 35 persen akan normal dan sama. Lalu ada 68 ZOM atau setara 20 persen yang akan maju.

Baca Juga: Khusyuk Ikuti Petunjuk Google Maps, Pengendara Scoopy Masuk Jalan Tol Jomo

Dengan kondisi ini, BMKG merekomendasikan beberapa wilayah yang akan mengalami hujan lebih awal agar berhati-hati.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait