facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Viral! Ustaz Wawan Ceramah di Gereja Saat Natal Bawa Nama Ulama-Ulama Ini

Muhammad Taufiq Senin, 28 Desember 2020 | 16:05 WIB

Viral! Ustaz Wawan Ceramah di Gereja Saat Natal Bawa Nama Ulama-Ulama Ini
Ustaz Wawan Gunawan memberi ucapan selamat Natal di Gereja Maulana Yusuf, Kota Bandung pada Natal 2019 lalu. [Tangkapan Layar Youtube Iyakim TV]

Di jagad media sosial Ustaz Wawan Gunawan ramai menjadi bahan gunjingan netizen. Ia berceramah di gereja pada Natal 2019.

SuaraJatim.id - Di jagad media sosial Ustaz Wawan Gunawan ramai menjadi bahan gunjingan netizen. Ia berceramah di gereja pada Natal 2019, kemudian diunggah ke jejaring media sosial.

Video ceramah ini kemudian membetot respons netizen. Komentarnya beragam pula. Ada yang mengapresiasi, ada pula yang justru berkomentar dengan tone miring.

"Banyak yang mem-bully saya, harusnya ya kita bisa saling toleransi," ungkap Ustaz Wawan kepada Suara.com belum lama ini.

Sebenarnya bukan hanya Wawan yang pernah berceramah di gereja. Dulu, mendiang Presiden RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur juga pernah melakukan hal serupa. Bedanya, Gus Dur berceramah di gereja bukan saat Natal.

Baca Juga: Natalius Pigai Sentil Menag Gus Yagut: Jalankan Saja Agamamu dengan Benar

Kembali lagi terkait Ustaz Wawan. Ia menurutkan, ceramahnya di gereja itu bermula saat dia menyempatkan diri datang ke Gereja Maulana Yusuf, untuk mengucapkan selamat natal pada momentum Hari Natal 2019 lalu. Ia pun lantas diberi kesempatan untuk berceramah.

Ternyata ceramah Wawan itu menjadi viral, dan banyak koleganya yang berbeda pemahaman dengan dirinya perihal boleh atau tidaknya mengucapkan selamat Natal mencemooh Wawan.

Isi ceramah itu memang syarat dengan kritik ihwal polemik boleh atau tidaknya seorang muslim mengucapkan selamat Natal kepada pemeluk Kristen.

Wawan berceramah dengan gaya penuh humor sehingga suasana yang terbangun pun cukup santai dan tidak menegangkan. Gelak tawa jemaat pun riuh menyambut ceramahnya.

Semisal, dalam ceramahnya Wawan berbagi pengalaman saat ia mengucapkan selamat Natal kepada koleganya kristiani, alhasil esok harinya ia tidak serta merta menjadi pemeluk Kristen.

Baca Juga: Viral Video Ustaz Ceramah di Gereja saat Natal, Ternyata Ini Motifnya

"Saya setiap 10 November mengucapkan selamat Hari Pahlawan, besoknya saya tidak jadi Avengers," ucapnya dalam ceramah itu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait