alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Masjid Bersejarah dan Unik di Jawa Timur, Ada yang di Dalam Perut Bumi Lho!

Muhammad Taufiq Sabtu, 24 Juli 2021 | 08:09 WIB

5 Masjid Bersejarah dan Unik di Jawa Timur, Ada yang di Dalam Perut Bumi Lho!
Masjid Ampel Surabaya [Tangkapan layar Instagram Masjid Ampel Surabaya]

Agama Islam masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-11 dan dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India. Sejak saat itulah mulai berkembang agama terbesar di Indonesia ini.

SuaraJatim.id - Agama Islam masuk ke Indonesia pada sekitar abad ke-11 dan dibawa oleh pedagang dari Gujarat, India. Sejak saat itulah mulai berkembang agama terbesar di Indonesia ini.

Salah satu bukti berkembangnya agama Islam adalah dengan banyaknya jumlah masjid yang tersebar di Indonesia.

Masjid-masjid tersebut bahkan saat ini ada yang menjadi destinasi wisata. Tak hanya kental dengan sejarahnya, tetapi juga karena bangunannya yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya berlokasi di Jawa Timur.

Berikut ulasan beberapa masjid yang bersejarah dan terbilang unik di Jawa Timur.

Baca Juga: Penganiaya Pemosting Lomba Burung Gresik Diamankan, Pelakunya Ada Pasangan Suami Istri

Masjid Ampel (Surabaya)

Masjid Ampel merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Surabaya. Masjid ini berada di Jalan Petukangan I, kelurahan Ampel, kecamatan Semampir, kota Surabaya, Jawa Timur. Sesuai namanya, masjid ini didirikan oleh Raden Rahmat atau yang lebih dikenal dengan Sunan Ampel.

Masjid Ampel Surabaya [Tangkapan layar Instagram Masjid Ampel Surabaya]
Masjid Ampel Surabaya [Tangkapan layar Instagram Masjid Ampel Surabaya]

Masjid ini didirikan pada 1421 yang artinya Masjid Ampel sudah berusia hampir 600 tahun. Gaya arsitektur masjid ini memadukan nuansa Jawa Kuno dan Arab Islami. Masjid ini juga memadukan akulturasi budaya lokal dan Hindu Budha pada bangunannya. Kawasan Ampel merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya bertenis Arab.

Di sebelah barat Masjid Ampel terdapat makam Sunan Ampel. Masjid ini menjadi tujuan wisata religi bagi masyarakat dari berbagai daerah.

Masjid Tiban (Malang)

Baca Juga: Pedagang Kawasan Wisata Religi Ampel Kibarkan Bendera Putih: Sudah Menyerah

Masjid Tiban juga dikenal sebagai Masjid Turen. Masjid ini terletak di area pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait