facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jombang Miliki Galeri Cagar Budaya, Jadi Ajang Edukasi dan Informasi Masyarakat

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 27 Januari 2022 | 21:21 WIB

Jombang Miliki Galeri Cagar Budaya, Jadi Ajang Edukasi dan Informasi Masyarakat
Salah satu pengunjung yang sedang melihat koleksi dari Galeri Cagar Budaya Jombang yang ada di Disdikbud Jombang, Kamis (27/1/2022). [Foto: Rohmadi/TIMES Indonesia]

Bupati Jombang Mundjidah Wahab berkesempatan meresmikan Galeri Cagar Budaya tersebut, Kamis (27/1/2022).

SuaraJatim.id - Kabupaten Jombang akhirnya memiliki Galeri Cagar budaya. Persisnya di gedung kompleks Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemerintah Kabupaten Jombang.

Bupati Jombang Mundjidah Wahab berkesempatan meresmikan Galeri Cagar Budaya tersebut, Kamis (27/1/2022).

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Jombang Dian Yunita Sari mengatakan, Galeri Cagar Budaya ini merupakan museum mini cagar budaya. Keberadaanya diharapkan mampu menjadi sarana ruang informasi dan edukasi, khususnya warga Jombang.

"Terbuka untuk umum baik siswa atau masyarakat. Jadi benda-benda bersejarah yang berasal dari bisa dinikmati anak cucu kita kelak," ujarnya mengutip dari Timesindonesia.co.id.

Baca Juga: Penetapan Status Tersangka Pada Anak Kiai Jombang Atas Kasus Pencabulan Santriwati Sah!

Dari data yang dirangkum oleh Disdikbud Jombang ada sekitar 730-an kantong kesenian dan kebudayaan yang harus dilestarikan serta dijaga agar tidak punah.

Dengan adanya Galeri Cagar Budaya ini juga berfungsi sebagai salah satu upaya penyelamatan, pengembangan, dan pemanfaatan cagar budaya yang ada di Kabupaten Jombang.

"Benda-benda cagar budaya yang ditemukan dan diselamatkan yang berasal dari Jombang seperti arca, keramik, dan lainnya. Sekarang sudah ada di Galeri Cagar Budaya dan bisa dinikmati bersama," jelasnya.

Kini, dengan sudah terbentuknya Galeri Cagar Budaya, pihaknya berharap Jombang segera mempunyai museum daerah yang representatif.

Sementara itu, Mundjidah Wahab Bupati Jombang berharap diresmikannya Galeri Cagar Budaya mampu menjadi daya tarik masyarakat untuk belajar sejarah dan kebudayaan yang ada di Jombang.

Baca Juga: Tok..! Hakim Tolak Praperadilan Anak Kiai Jombang Tersangka Pencabulan, Kasus Bisa Dilanjutkan

Menurutnya letak geografi Kabupaten Jombang yang dulunya bergabung dengan Mojokerto yang merupakan bagian dari kerjaan Majapahit tentu mempunyai daya tarik dan sejarah yang banyak untuk digali.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait