alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rekomendasi Wisata Religi di Tuban Jawa Timur

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Minggu, 25 Juli 2021 | 07:00 WIB

Rekomendasi Wisata Religi di Tuban Jawa Timur
Masjid Agung Tuban di Jawa Timur. Tempat Wisata Religi Tuban. (Instagran.@alivrahtul)

Bagi kamu yang berencana berwisata ke wilayah Jawa Timur dan ingin mencoba wisata yang tak biasa, kamu bisa mencoba wisata religi di Tuban.

SuaraJatim.id - Bagi kamu yang berencana berwisata ke wilayah Jawa Timur dan ingin mencoba wisata yang tak biasa, kamu bisa mencoba wisata religi. Salah satunya wisata religi di Tuban.

Tuban adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dikenal dengan sebutan Kota Wali. Banyaknya makam wali yang ada di sana membuat kabupaten Tuban dijuluki Kota Wali.

Tercatat ada tujuh makam wali yang ada di Tuban. Makam-makam tersebut banyak dikunjungi peziarah dari dalam kota maupun luar kota. Secara tidak langsung makam tersebut menjadi objek wisata religi yang tak hanya dikunjungi oleh umat Islam saja.

Umat agama lain pun juga berkunjung kesana karena ingin melihat sejarah wali-wali tersebut. Selain makam wali, ada juga wisata religi lainnya seperti klenteng dan masjid.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Religi yang Dapat Kamu Kunjungi di Indonesia

Berikut rekomendasi wisata religi Tuban.

1. Masjid Agung Tuban

Masjid kebanggan warga Tuban ini didirikan pada masa pemerintahan Adipati Raden Ario Tedjo yang merupakan bupati Tuban ke 7. Masjid direnovasi untuk pertama kali pada masa pemerintahan Bupati Raden Tumenggung Kusumodigdo, Bupati Tuban ke 35.

Masjid yang berdekatan dengan makam Sunan Bonang ini merupakan cikal bakal penyebaran islam di Tuban, di masjid inilah Sunan Bonang mengajarkan agama Islam kepada masyarakat. masjid ini sudah sangat terkenal di Tuban dan menjadi tempat wisata religi di kota Tuban.

2. Klenteng Kwan Sing Bio

Baca Juga: Wisata Religi saat Ramadhan, Ini Dia 5 Masjid Tercantik di Indonesia

Selain wisata religi untuk umat muslim, di Tuban juga terdapat wisata religi untuk pemeluk agama lain yaitu Klenteng Kwan Sing Bio. Klenteng yang terletak di pusat kota Tuban ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait