facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

AJI Kediri Meluncurkan Sekolah Jurnalistik Jayabaya Institute

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Kamis, 07 Juli 2022 | 08:05 WIB

AJI Kediri Meluncurkan Sekolah Jurnalistik Jayabaya Institute
Peresmian sekolah jurnalistik AJI Kediri di Kampus Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri, Jawa Timur, Rabu (6/7/2022). ANTARA/ HO-AJI Kediri

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri memperkenalkan lembaga pelatihan atau sekolah jurnalistik Jayabaya Institute di Kampus Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri.

SuaraJatim.id - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kediri memperkenalkan lembaga pelatihan atau sekolah jurnalistik Jayabaya Institute di Kampus Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri.

Ketua AJI Kediri Danu Sukendro mengemukakan lembaga pelatihan ini lahir untuk menjawab tantangan era digital yang menuntut sosok profesional dan berkompeten sebagai pengelola media digital maupun media sosial secara mandiri.

Penting pula, mengasah skill berkarier secara profesional di industri digital.

"Peluncuran sekolah jurnalistik ini menjadi program kerja pengurus AJI Kediri 2021-2024, sekaligus menjawab tantangan peningkatan kompetensi jurnalis warga di tengah perkembangan zaman," kata Danu di Kediri, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga: Geger Pria Bunuh Diri dengan Lompat dari Menara Masjid di Kediri

Ketua Tim Penyusun Fadly Rahmawan menambahkan Jayabaya Institute adalah lembaga pelatihan jurnalistik, media dan komunikasi AJI Kediri. Lembaga ini dibentuk dengan lantar belakang adanya kendala dalam memproduksi konten secara profesional, baik berupa konten tulisan, foto video maupun grafis.

"Jayabaya Institute hadir sebagai lembaga pelatihan dan ruang belajar bersama bagi jurnalis, konten creator dan calon konten creator, untuk mengasah skill agar bisa berkarier secara profesional di industri digital," kata Fadly.
Di Jayabaya Institute ini, kata dia, ada beragam program seperti serial pelatihan jurnalistik, pelatihan audio visual, pelatihan fotografi dan pelatihan desain grafis.

Dirinya mengatakan pada pertengahan Juli 2022, Jayabaya Institute akan menggelar pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa. Kelas jurnalistik untuk mahasiswa ini, peserta akan dilatih untuk menulis naskah atau berita di media internal atau media sosial mereka menjadi lebih menarik.

Baik itu naskah berita, hard news maupun feature. Dengan durasi pelatihan sebanyak empat kali pertemuan (dua kali teori, dua kali praktik dan pendampingan).

Rektor UNP Kediri Zainal Afandi mengapresiasi lahirnya Jayabaya Institute. Lembaga ini diharapkan dapat memberikan alternatif ruang belajar mahasiswa, sehingga dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang tersebut dan siap terjun menjadi seorang jurnalis.

Baca Juga: Jadwal Liga 1 Keluar, Persebaya Fokus Benahi Tim

"Banyak mahasiswa UNP yang berminat untuk terjun di bidang jurnalistik. Nanti mahasiswa bisa untuk magang di AJI dan juga bergabung menimba ilmu di Jayabaya Institute," kata Zainal Afandi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait