alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bupati Gresik Jamin Pendidikan sampai Kuliah Anak Pasutri Meninggal Akibat Covid-19

Abdul Aziz Mahrizal Ramadan Jum'at, 16 Juli 2021 | 16:52 WIB

Bupati Gresik Jamin Pendidikan sampai Kuliah Anak Pasutri Meninggal Akibat Covid-19
Fahrur Rozi bocah yatim piatu setelah kedua orangtuanya meninggal karena Covid-19 bersama Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani. [Suara.com/Amin Alamsyah]

Selain pendidikan, Bupati Gresik Yani menjamin kesehatan anak yatim piatu korban Covid-19

SuaraJatim.id - Achmad Fakhrur Rozi (11) tidak bisa menahan kesedihannya kala bertemu Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, Jumat (16/7/2021). Bocah asal Desa Gredek, Duduksampeyan tersebut kini yatim piatu. Ayah dan ibunya, Fahrudin - Mazratul Afiro meninggal terpapar virus corona, belum lama ini.

Sang ibu bersama janin yang dikandung meninggal pada Rabu (14/7/2021). Menyusul Fahrudin sang ayah, Kamis (15/7/2021) dini hari.

Pada momen tersebut, Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani berjanji memberikan beasiswa kepada Rozi. Beasiswa itu meliputi biaya pendidikan dari SD hingga kuliah S1. 

"Kita akan jamin dan berikan beasiswa pendidikan sampai S1. Walaupun tidak sebanding karena orang tuanya meninggal, tapi ini upaya pemerintah agar adik Rozi ini tidak putus sekolah," kata Bupati Yani. 

Baca Juga: Malang Nian! Bocah SD Gresik Jadi Yatim Piatu Dalam 3 Hari, Ayah-Ibu Tewas Gegara Covid-19

Selain pendidikan, Gus Yani juga akan menjamin biaya kesehatan. Kepala desa setempat telah dimintanya untuk terus mendampingi. Kemudian pihak keluarga yang nantinya menemani agar berkomunikasi langsung jika Rozi mengalami sakit maupun kesulitan lainnya. 

Tidak hanya Rozi, beasiswa pendidikan juga akan diberikan kepada semua siswa atau pelajar di Kabupaten Gresik yang ditinggal oleh orang tuanya karena Covid-19. Bupati Yani telah berkoordinasikan dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan pendataan. 

Sebelumnya diberitakan, peristiwa memilukan terjadi di Desa Gredek, Kecamatan Dudusampeyan, Gresik. Ibu hamil Mazrotul Afiro meninggal positif Covid-19, Rabu (14/7/2021) kemarin. Menyusul kemudian Fahrudin, Kamis (15/7/2021) dini hari. 

Pasangan suami istri itu meninggalkan seorang anak, Rozi yang masih berusi 11 tahun.

Belum diketahui secara pasti, penyebab Fahrudin meninggal dunia. Namun diduga kecapekan setelah merawat sang istri hingga mengantarkan ke liang kubur. 

Baca Juga: Usai Terima Maaf Bupati Gresik, Suami Susul Istri yang Meninggal Saat Hamil ke Alam Baka

Terpisah, Kades Gredek Bahrul Ghofar menuturkan, bahwa almarhum Fahrudin bersama dirinya juga ikut pontang-panting mencarikan ICU di beberapa rumah sakit. Namun seperti diketahui, banyak rumah sakit menolak karena ruangan penuh. Ditambah korban merupakan ibu hamil yang kebetulan juga terkonfirmasi Covid-19. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait