alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Surabaya-Sidoarjo Diguyur Hujan Deras Sejak Sore Hingga Malam Ini

Muhammad Taufiq Selasa, 14 September 2021 | 20:16 WIB

Surabaya-Sidoarjo Diguyur Hujan Deras Sejak Sore Hingga Malam Ini
Ilustrasi hujan (Pixabay/Fiexel 2013)

Perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) benar-benar terjadi. Hujan deras mengguyur Kota Surabaya dan sekitarnya, termasuk Sidoarjo Jawa Timur.

SuaraJatim.id - Perkiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) benar-benar terjadi. Hujan deras mengguyur Kota Surabaya dan sekitarnya, termasuk Sidoarjo Jawa Timur.

Hujan mengguyur sejak sore pukul 17.00 WIB dan merata di sejumlah wilayah. Di Sidoarjo bahkan hujan terjadi sampai malam hari pukul 20.15 WIB. Hujan menyebabkan jalan raya tergenang hingga menyebabkan kemacetan cukup parah, misalnya di pertigaan Aloha, Sidoarjo.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin dan kilat diprediksi oleh BMKG bakal mengguyur wilayah Provinsi Jawa Timur, Selasa (14/09/2021).

Bukan hanya Jawa Timur, sebenarnya hujan lebat ini juga berpotensi di seluruh Indonesia, mulai dari wilayah Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali.

Baca Juga: Pemuda Pasuruan Kalah Judi, Gelap Mata Bawa Kabur Mobil Majikan Lalu Jual di Toko Online

Bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Maluku Utara juga diprakirakan menghadapi kondisi cuaca yang sama.

BMKG menyampaikan bahwa kehadiran daerah konvergensi memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa bagian wilayah Indonesia.

Menurut BMKG, daerah sirkulasi siklonik di perairan barat Sulawesi Barat membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sulawesi Barat bagian Utara, Sulawesi Tengah hingga Selat Karimata bagian tengah.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari perairan barat Aceh hingga Selat Malaka, dari perairan barat Lampung hingga Riau, dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Utara.

Kemudian dari perairan timur Kalimantan Utara hingga Kalimantan bagian utara, di Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat, dari perairan barat Papua Barat hingga Maluku Utara bagian selatan, dan dari Papua hingga Papua Barat.

Baca Juga: Best 5 Oto: Wali Kota Surabaya Hobi Motoran Vespa, Yard Built Bali Tampilkan Empat Karya

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait