alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Baca Rutin Surah Ad Dukhan, Ingin Dibuatkan Rumah di Surga?

Pebriansyah Ariefana Kamis, 18 November 2021 | 07:37 WIB

Baca Rutin Surah Ad Dukhan, Ingin Dibuatkan Rumah di Surga?
Surah Ad Dukhan

Sejumlah ulama tafsir, atau mufasir menyatakan, Surah Ad Dukhan mengisahkan tentang kaum kafir Quraisy yang kerap menghambat syiar agama Islam.

SuaraJatim.id - Surah Ad Dukhan adalah surah ke 44 dalam AL-Quran yang teridir dari 59 ayat dan termasuk golongan surah Makiyyah. Sejumlah ulama tafsir, atau mufasir menyatakan, Surah Ad Dukhan mengisahkan tentang kaum kafir Quraisy yang kerap menghambat syiar agama Islam.

Mereka juga durhaka kepada Nabi Muhammad. Karena itu Rasulullah berdoa kepada Allah agar memberi pelajaran kepada mereka, agar ditimpa paceklik.

Paceklik yang dimaksud adalah paceklik seperti yang terjadi pada masa Nabi Yusuf.

Doa tersebut lalu dikabulkan oleh Allah, sehingga orang-orang kafir tersebut kesusahan mencari bahan makanan, Mereka bahkan sampai memakan tulang dan bangkai, karena saking kelaparannya.

Baca Juga: 10 Surah-surah Pendek yang Cocok Untuk Belajar Hafalan Anak-anak

Orang-orang kafir tersebut lalu menengadah ke langit meminta pertolongan Allah. Namun mereka tida bisa melihat apapun, karena pandangan mereka terhalang oleh kabut.

Ilustrasi berdoa (pixbay)
Ilustrasi berdoa (pixbay)

Surah ini dinamakan Ad Dukhan karena diambil dari kata Ad Dukhan yang terdapat dalam ayat 10 surah ini. Ad Dukhan sendiri berarti kabut.

Keistimewaan Surah Ad Dukhan

Meski berisi tentang hukuman terhadap orang kafir, surah Ad Dukhan memiliki sejumlah keistimewaan dan manfaat bagi mereka yang membacanya. Keistimewaan tersebut diantaranya:

1. Dinikahkan dengan bidadari surga

Baca Juga: Rincian Jumlah Surah dalam Al Quran Beserta Artinya

Dalam sebuah hadits Nabi Muhammad disebutkan bahwa seseorang yang membada surah Ad Dukhan akan diampuni dosanya dan akan dinikahkan dengan salah satu bidadari.

Berikut haditsnya:

Dari Abi Rafi’, ia berkata tentang hukum tidak bisa membaca Al Qur’an, “Siapa yang membaca Surat Ad-Dukhan pada malam Jum’at, maka pada waktu shubuh ia telah diampuni dosanya, dan dinikahkan dengan salah satu bidadari-bidadari yang bermata indah.” (HR. Ad-Darimi)

2. Diampuni dosanya bagi yang membaca surat Ad Dukhan di malam Jumat

Tak hanya dinikahkan dengan bidadari, seseorang yang membaca surah Ad Dukhan juga akan diampuni dosa-dosanya, menurut hadits berikut:

Dari Abi Hurairah r.a.,bahwasannya Nabi saw. bersabda, “ Siapayang membaca surat Ad-Dukhan di malam Jum’at, maka di pagi harinya ia akandiampuni dosanya.” (HR. Ats-Tsa’labi)

3. Tujuh puluh ribu malaikat memintakan ampunan untuk yang membaca surat Ad Dukhan.

Satu lagi keistimewaan membaca Surah Ad Dukhan adalah 70 tibu malaikat akan meminta ampun pada Allah akan dosa-dosa kita, sebagaimana yang disebutkan dalam hadits berikut.

Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Siapa yang membaca Hamim Ad-Dukhan di malam hari, maka di pagi harinya tujuh puluh ribu malaikat memintakan ampun untuknya.” (HR. At-Tirmidzi)

4. Dibangunkan rumah di surga.

Selain diampuni dosa-dosanya dan dinikahkan dengan bidadari, seseorang yang membaca Surah Ad Dukhan akan mendapat sebuah rumah di surga, seperti disebutkan hadits berikut:

Dari Abi Umamah, iaberkata, “Aku mendengar Nabi saw. bersabda, “Siapa yang membaca Hamim Ad-Dukhan di malam Jum’at, atau di hari Jum’at, maka Allah akan membangunkannya rumah di surga.” (HR. At-Thabrani).

Demikian tadi ulasan mengenai Surah Ad Dukhan. Jika sudah mengetahui keistimewaan surat tersebut, semoga kita jadi terpacu untuk membacanya. Setelah itu diharapkan kita menjadi manusia yang lebih baik untuk sesama.

Kontributor : Rio Rizalino

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait