facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menikmati Rujak Cingur di Depot Rujak Cingur'e Asmuni Sang Pelawak Legendaris

Muhammad Taufiq Jum'at, 13 Mei 2022 | 17:08 WIB

Menikmati Rujak Cingur di Depot Rujak Cingur'e Asmuni Sang Pelawak Legendaris
Depot rujak cingur milik Asmuni di Trowulan Mojokerto [SuaraJatim/Zen Arivin]

Rujak Cingur merupakan salah satu makanan khas di Jawa Timur. Namun akan lebih asyik jika menyantapnya di warung milik legenda lawak, yakni Depot Rujak Cingur'e Asmuni.

SuaraJatim.id - Rujak Cingur merupakan salah satu makanan khas di Jawa Timur. Namun akan lebih asyik jika menyantap makanan legend itu di warung milik sang legenda, yakni Depot Rujak Cingur'e Asmuni sang pelawak legendaris.

Nama Asmuni mungkin tidak begitu familiar di kalangan remaja zaman now. Namun pelawak legendaris grup Srimulat dengan nama panjang Toto Asmuni ini pernah berjaya di eranya, tepatnya kurun waktu tahun 1990 hingga tahun 2000 an.

Dimasa itu, hampir setiap orang mengenal Asmuni. Bagaimana tidak, Asmuni bersama kompatriotnya setiap hari selalu menghiasi layar kaca. Dengan lawakan-lawakan khas mereka, kelompok Srimulat ini mampu membuat satu Indonesia tertawa.

Di tengah kemoncerannya, Asmuni juga menggeluti bisnis lain. Ia membuka warung makan yang dulunya diberi nama Depot Rujak Cingur Triasmuni. Warung makan yang menyediakan makanan khas Jawa Timuran ini, terletak Jalan Nasional, tepatnya di Desa Jatipasar, Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

Baca Juga: Belum Ada Tersangka Kasus Uang Rp3,7 Miliar di Mojokerto, Polisi Masih Melengkapi Alat Bukti

"Di sini sekarang menunya ada macam-macam, rawon, soto, rujak cingur, kemudian ayam penyet, krengsengan ati, krengsengan daging, empal penyet. Kalau dulu ada kare sama sop buntut sekarang sudah tidak," ucap Astria, anak semata wayang Asmuni saat ditemui Suara.com, Kamis (13/5/2022).

Astria menuturkan, semua makanan yang disediakan di Depot Rujak Cingur'e Asmuni ini menggunakan bahan yang fresh. Ini dilakukan untuk menjaga kelezatan rujak cingur Asmuni yang sudah bertahan sejak puluhan tahun silam.

Bumbunya diulek langsung dengan tangannya. Semua bahan berupa, kacang goreng, cabai, irisan pisang batu serta petis dan air asam jawa diulek menjadi satu sebagai bumbu. Sementara isinya berupa irisan tahu, tempe, mentimun, bengkoang segar, rebusan kangkung, kacang panjang taoge dan tentunya cingur.

Depot Rujak Cingur'e Asmuni di Bypass Trowulan Mojokerto.[SuaraJatim/Zen Arifin].
Depot Rujak Cingur'e Asmuni di Bypass Trowulan Mojokerto.[SuaraJatim/Zen Arifin].

"Kita semua fresh, rujaknya pun fresha. Jadi kalau ada pelanggan kita bilang lama lho, karena pesan baru dibuatkan bahan-bahannya. Tahu, tempenya baru digoreng, sayur juga baru direbus, jadi semua fresh," tutur wanita berkulit kuning langsat ini.

Selain itu, petis yang digunakan juga tidak sembarangan. Astria mengaku memilih mengkombinasikan petis kualitas bagus yang didatangkan dari Surabaya dengan petis kualitas biasa. Alasannya agar bumbu rujak tidak eneg, sehingga mengurangi kelezatan rujak cingur itu sendiri.

Baca Juga: Viral Video Warga Usir Satu Keluarga Keluar dari Desa Gara-gara Berkomplot Jadi Polisi Gadungan

Selain rujak cingur, menu andalan yang tak kalah nikmat di Depot Rujak Cingur'e Asmuni ini yakni nasi rawon. Sebab kuah rawon menggunakan kluak yang cukup, sehingga lebih pekat. Selain itu, irisan daging empalnya juga cukup empuk dan gurih, hingga membuat lidah tak berhenti bergoyang.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait