Sambut Piala Dunia U-20, 1.000 Pohon Ditanam di Area GBT Surabaya

Bangun Santoso
Sambut Piala Dunia U-20, 1.000 Pohon Ditanam di Area GBT Surabaya
Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. [Suara.com / Arry Saputra]

Seribuan pohon dari berbagai jenis ditanam serentak di sekitar kawasan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya

SuaraJatim.id - Demi menyambut gelaran Piala Dunia U-20, salah satu venue yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya terus dipercantik. Salah satunya adalah penanaman 1.000 pohon di sekitar stadion.

Upaya penanaman itu dilakukan Pemkot Surabaya dipimpin langsung Wali Kota Tri Rismaharini atau biasa disapa Risma.

Di mana menurut Risma, penanaman pohon itu tak sekedar untuk menyambut ajang sepak bola Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Namun juga penting untuk penghijauan demi kesehatan.

"Nanti insyaallah, pohon yang ditanam ini menjadi besar, akan lebih dingin dan sehat," ujar Risma usai penanaman pohon di kawasan Stadion GBT, Sabtu (30/11/2019).

Selain agenda penanaman 1.000 pohon, Risma juga mengecek untuk menentukan lokasi, yang nantinya akan dibuat sebagai lahan parkir di area Stadion GBT Surabaya.

"Pagi-pagi kita sudah rapat untuk menentukan lokasi parkir. Dan, alhamdulillah di sekitar sini kita memiliki banyak aset," kata Risma.

Ia optimis, pengerjaan renovasi Stadion GBT akan tuntas. Di mana paling tidak pada awal tahun depan, hal-hal pokok yang diperlukan untuk menunjang berlangsungnya FIFA World Cup U20 2021 mendatang, sudah tuntas.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya, Eri Cahyadi mengatakan, bahwa penanaman pohon ini punya dampak yang positif, terutama saat berlangsungnya FIFA World Cup U20.

"Pohon-pohon ini akan menjadi buffer zone yang menjadi kawasan penyangga dan pendekatan, antara TPA Benowo-GBT. Selain itu, pohon ini juga bisa mengurangi efek dari rumah kaca," ujar Eri.

Ia menyebut, dari 1.000 pohon yang ditanam di area Stadion GBT, terdiri dari 731 batang pohon trembesi, 82 batang pohon tabebuya pink/putih, 200 batang pohon kupu-kupu, ketepeng 50 batang, cemara udang 100 batang, dan pohon spatudea 100 batang.

Kontributor : Dimas Angga Perkasa

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS