alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Panjang Umur? Lakukan Puasa Daud, Begini Caranya

Pebriansyah Ariefana Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:21 WIB

Ingin Panjang Umur? Lakukan Puasa Daud, Begini Caranya
Ilustrasi puasa Ramadan. (Shutterstock)

Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan Nabi Daud As semasa hidupnya dulu.

SuaraJatim.id - Dalam Islam banyak sekali amalan sunnah yang bisa dijalankan sebagai pelengkap ibadah wajib. Salah satu sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW adalah Puasa Daud. Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan Nabi Daud As semasa hidupnya dulu.

Berbeda dengan puasa lainnya, Puasa Daud dilakukan secara selang-seling. Maksudnya, puasa dilakukan dengan jeda masing-masing satu hari. Misalnya hari ini puasa, besok tidak, besoknya puasa lagi, begitu seterusnya.

Keutamaan Puasa Daud

Banyak riwayah hadist yang menyatakan keutamaan dan keistimewaan Puasa Daud. Laman muslim.or.id menulis, Puasa Daud adalah puasa yang paling disukai Allah, berdasarkan hadis berikut.

Baca Juga: Hadits Tentang Niat: Amalan Tergantung Pada Niatnya

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya:

“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Selain itu, Puasa Daud dipercaya debagai puasa sunnah paling afdhol dibanding puasa sunnah lainnya. Hal ini dikatakan Syekh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Madzhab, sebagaimana yang ditulis dalam laman masjidpedesaan.or.id.

“Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Daud. Yakni satu hari puasa dan satu hari tidak. Di dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah yang paling afhdal.”

Manfaat Puasa Daud

Baca Juga: Lirik Lagu Sholawat Nabi Lengkap!

Selain memiliki keutamaan secara spiritual, Puasa Daud juga memiliki manfaat secara Kesehatan. Laman sehatq.com menulis cara Puasa Daud yang dilakukan secara selang-seling memiliki dampak Kesehatan yang baik bagi tubuh. Diantaranya dapat menghidari kita dari diabetes tipe dua dan diyakini dapat memperpanjang usia. Namun hal tersebut dengan catatan puasa ini dilakukan secara teratur.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait