facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

8 Hadist Silaturahmi Populer, Anjuran untuk Menjaga Silaturahmi

Nur Afitria Cika Handayani Kamis, 27 Januari 2022 | 21:41 WIB

8 Hadist Silaturahmi Populer, Anjuran untuk Menjaga Silaturahmi
Ilustrasi kitab suci Al-Qur'an (pexels.com/@tayebmezahdia/hafizhrmd)

Berikut ini penjelasan mengenai 8 hadist silaturahmi yang memberi penjelasan mengenai pentingnya silaturahmi.

SuaraJatim.id - Hadist silaturahmi menjadi salah satu bukti bahwa menjaga tali silaturahmi antar umat islam merupakan suatu amalan mulia dan wajib dalam agama Islam.

Jumlah hadist yang memerintahkan umat islam untuk menjaga silaturahmi pun ada banyak.

Dengan begitu, menjaga silaturahmi merupakan salah satu hal yang penting. Ingin tahu mengenai hadist yang memerintahkan umat islam untuk selalu menjaga silaturahmi? Yuk, simak ulasan mengenai hadist menjaga silaturahmi. Berikut ulasannya.

Melansir dari YouTube chanel See Gate, yang diakses pada Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: 10 Hadist Tentang Cinta, Pedoman Umat Islam Dalam Urusan Cinta dan Mencintai

Adapun 8 hadist yang biasa digunakan oleh beberapa ulama terkemuka untuk dijadikan sebagai acuan untuk memerintahkan umat Islam agar menjaga silaturahmi adalah sebagai berikut:  

  • “Barang siapa yang beriman kepada ALLAH SWT dan hari akhir, maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Dan barangsiapa yang beriman kepada ALLAH SWT dan hari akhir, maka hendaklah ia menyambung silaturahmi.” (HR. Ahmad).

dari hadist tersebut dapat diambil makna, bahwa sebagai orang beriman, sebaiknya memuliakan tamu dan menyambung hubungan silaturahmi. 

  • "Barangsiapa yang suka diluaskan rezekinya dan ditangguhkan ajalnya, hendaklah ia bertaqwa kepada ALLAH SWT dan menyambung silaturahmi.” (HR. Achmad).

Adapun keutamaan yang akan didapat oleh orang bertaqwa dan selalu menyambung silaturahmi adalah, akan mendapat rezeki yang luas dan ajalnya akan ditangguhkan.

  • "Sesungguhnya amal ibadah manusia diperlihatkan setiap hari kamis malam Jumat, maka tidak diterima amal ibada orang yang memutuskan hubungan silaturahmi." (HR. Ahmad).

Hadist tersebut menjelaskan bahwa amal ibadah seorang hamba yang memutuskan hubungan silaturahmi tidak akan diterima oleh ALLAH SWT.

Pada hadist lain dijelaskan pula, apabila memutus silaturahmi selama 3 hari berturut-turut atau lebih, maka amal ibadanya akan tidak diterima.

Baca Juga: Hadist Tentang Rezeki, Pedoman Membedakan Rezeki Halal, Haram, dan Syubhat

  • "Rahmat tidak akan turun kepada kaum yang padanya terdapat orang yang memutuskan tali silaturahmi." (HR. Muslim).

Seorang muslim tidak akan mendapat kasih sayang dari ALLAH SWT apabila memutuskan tali silaturahmi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait